Sunday, August 25, 2013

e-Commerce Indonesia: Data dan Indikator yang Menggiurkan

Bisnis e-commerce Indonesia sedang tumbuh subur. Jumlah pengguna (user) di jual beli (online shopping), para pemain (publisher), dan nilai transaksi menunjukan angka-angka yang terus melonjak.

Pada posting mengenai e-Commerce di Indonesia: Data dan Indikator 2013, ditulis sebagai berikut:

* Transaksi melalui internet di Indonesia pada 2012 mencapai sekitar Rp 60 triliun.

    Tahun 2013: Trend Internet dan Digital

* Data yang diungkap Ken Dean Lawadinata, CEO Kaskus, pada April 2013, tentang Kaskus:
- Jumlah postingan 472 juta
- Jumlah member 3,7 juta
- Unique visitor atau unique IP 18 juta sebulan
- Setiap tahun laba meningkat 200-300 persen
- Membuka payment gateway bernama Kaspay. Bekerja sama dengan BCA, Bank Mandiri, dan Bank Permata, serta 20 merchant.
   
      LIHAT JUGA: Key Digital Trend pada 2013

* iDEA, asosiasi perusahaan e-commerce Indonesia, berdiri Mei 2012, beranggotakan 24 perusahaan. Antara lain, Berniaga.com, Bhinneka.com, Blibli.com, Dealgoing.com, Gramedia.com, Kaskus.us, Multiply.com, Plasa.com, Tokobagus.com, dan Tokopedia.comm.

       DATA MENARIK: 10 Website e-Commerce Terbesar di China

* Volume e-money, menurut data Bank Indonesia pada 2012, mencapai 9,97 juta transaksi dengan nilai Rp 1,48 triliun atau tumbuh 113,7 persen dibanding 2011.

* International Data Corporatiob (IDC) menyebutkan, nilai perdagangan lewat internet di Indonesia tahun 2011 mencapai 3,4 miliar dolar AS.

     DATA DAN INDIKATOR: Data Nilai Transaksi Iklan Online dan Online Shopping


* Survei Master Card Worldwide pada Februari 2013 menemukan, trend belanja online di Indonesia rata-rata meningkat 15 persen.

Laporan lain tentang Tokobagus.com, terdapat data dan indikator berikut:

Tokobagus.com, salah satu pelopor website iklan online, mencatatkan nilai transaksi online melalui portal itu mencapai Rp 1,4 triliun hingga awal 2011.


Presiden Direktur Tokobagus.com, Arnold Sebastian, mengatakan, pertumbuhan pengguna iklan di situs terus tumbuh. Hal ini dikarenakan proses yang diperlukan lebih mudah. Masyrakat juga banyak yang memanfaatkan jalur internet sebagai pusat informasi perdagangan.
"Pertumbuhannya bisa dikatakan 300 persen, kalau sekarang transaksi sekitar Rp 1,.4 triliun, sampai akhir tahun saya kira jumlah transaksi akan cepat berkembang," ujar Arnold, usai mengikuti acara talkshow di Garden Palace Hotel, Kamis (31/5/2012) (lihat surya.co.id).
Tokobagus.com melayani pemasangan iklan online. Sebagai portal iklan online, Tokobagus.com menjembatani penjual dan pembeli. Transaksi dilakukan langsung oleh pembeli dan penjual.

 Nilai e-Commerce di Indonesia Naik 250 Persen 



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...