Tuesday, November 11, 2008

Peringatan dari Ustad Azwar

Ask the Tribun Timur Editor
Media massa memang sibuk luar biasa meliput eksekusi Amrozi cs. Dia ramai tidak cuma di media mainstream, tapi juga di beberapa situs yang sebelumnya sama sekali tidak dikenal. Peringatan Ustad Azwar ini sepertinya sangat relevan.

Rabu, 12-11-2008 | 00:02:56
Pakar Komunikasi Unhas Khawatirkan Perlakuan Media pada Amrozi CS
Laporan : Mursalim Djafar. limgagak@yahoo.com

Makassar, Tribun - Pakar komunikasi dari Universitas Hasanuddin, Aswar Hasan, yang diwawancara beberapa menit lalu, mengaku khawatir dengan pemberitaan yang dilakukan media massa pada Amrozi CS.

Secara normatif pemuatan gambar-gambar Imam Samudera CS di sejumlah media tidak terlarang. Sepanjang merefleksikan fakta dan fenomena, itu sah-sah saja dilakukan media asalkan dibuat tanpa opini, katanya.

Menurut Aswar, hal itu dikembalikan pada sudut pandang berkaitan dengan arah dan sifat dari informasi atau berita itu. Ini berpulang pada ideologi media. Oleh karena itu gambar dari Imam Samudera CS itu bisa ditafsirkan berbeda oleh masing- masing media, dalam arti arah dan nuansa penyampaian.

"Dampak dari pemuatan gambar berita tersebut. Pertama, Imam Samudera CS bisa menjadi martir bagi simpatisan dan pengikutnya. Dampak pemuatan foto itu menimbulkan simpati juga kesimpulan, Imam Samudera CS adalah pahlawan," ujarnya.

"Ini sangat berbahaya dalam menciptakan persepsi di khalayak mengigat secara normatif hukum, Imam CS adalah teroris yang divoinsi bersalah oleh negara. Nanti bisa saja tercipta opini di masyarakat yang berbeda dengan keputusan negara," lanjutnya.(*)


Tribun Timur, Selalu yang Pertama

Ada peristiwa menarik?
SMS www.tribun-timur.com di 081.625.2233
email: tribuntimurcom@yahoo.com

Hotline SMS untuk berlangganan koran Tribun
Timur, Makassar (edisi cetak) : 081.625.2266.
Telepon: 0411 (8115555) (lim)




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...