Saturday, February 6, 2010

Tribun Timur di Handphone Anda

Ask the Tribun Timur Editor
Catatan
Dahlan,
Pemimpin Redaksi
Tribun Timur



Handphone? Tidak. Ini teman kita 24 jam. Dengan istri kadang-kadang kita berpisah. Dengan pacar sering kita bertengkar. Tapi tidak dengan handphone. Handphone seolah-olah menjadi bagian tubuh kita, seperti tangan, seperti kaki: dia ikut ke manapun kita pergi.




HANDPHONE makin murah. Koneksi internet lebih murah lagi. Tribun Timur harus ada di sana, melanjutkan misinya: menyalurkan berita-berita terbaik.
Selain koran cetak yang Anda pegang ini, selain edisi online tribun-timur.com di laptop dan personal computer (PC) Anda, Tribun Timur hadir di handphone Anda. Klik edisi mobile kami di m.tribun-timur.com.
Koran Tribun Timur terbatas jangkauannya. Hanya untuk Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Edisi online tribun-timur.com mengatasi itu.
Berbekal akses internet, pembaca Tribun Timur di manapun pojok dunia ini tetap bisa mengakses kabar terbaru dari Makassar dengan dua cara: Edisi cetak go online di tribun-timur.com dan edisi epaper di tribun-timur.com/epaper. Dua cara itu, terutama sekali, mengandalkan PC atau laptop.
Koran cetak ada keterbatasan jangkauan. Koran online juga ada batasnya. Laptop yang ringan itu, misalnya, tidak bisa dibawa ke manapun. Ke kamar kecil, misalnya. Saat menjelang tidur, contohnya. Sambil berkendara membuka laptop ada kerumitan tersendiri.
Handphone? Tidak. Ini teman kita 24 jam. Dengan istri kadang-kadang kita berpisah. Dengan pacar sering kita bertengkar. Tapi tidak dengan handphone. Handphone seolah-olah menjadi bagian tubuh kita, seperti tangan, seperti kaki: dia ikut ke manapun kita pergi.
Dan, hebatnya lagi, handphone fungsional. Dia membantu kita menjangkau dunia, apa yang tidak bisa dilakukan mata, telinga, mulut, dan tangan kita.
Lalu, bagaimana caranya Tribun Timur bisa menjadi bagian dari keseharian Anda? Bagaimana caranya Tribun Timur bisa menjadi seolah seperti bagian darin tubuh Anda?
Kami tidak memproduksi handphone, tapi kami membuat alat (tools, aplikasi) yang memungkinkan handphone membantu Anda menjangkau dunia.
Portal berita tribun-timur.com edisi mobile, m.tribun-timur.com, memuat berita- berita terbaru dari Makassar dan kota-kota lain di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, bahkan Indonesia dan internasional, dengan cepat dan dengan frekwensi yang sering.
Oh... indah sekali. Kami melihat bahwa dengan menancapkan edisi mobile tribun- timur.com di handphone Anda, Tribun Timur ingin Anda tidak hanya menggenggam handphone, melainkan menggenggam Makassar. Anda akan tahu perkembangan Makassar lebih cepat dan seketika.Cukup dengan sebiji handphone.
Soalnya adalah how, bagaimana caranya?

***

KAMI mulai dengan BlackBerry. Ini handphone yang dianggap sebagai perintis berselancar di dunia maya dengan nyaman, praktis, dan efisien. Ini alat dunia. Kebanggaan dunia. Kami ingin menjadi bagian dari sana, bagian dari sisi dunia yang indah.
Bila Anda pengguna BlackBerry tipe apa saja, bukalah web browser. Ketik tribun- timur.com/today. Ini alamat URL edisi mobile Tribun Timur selain di alamat URL baru m.tribun-timur.com. Anda mengetik salah satu dari URL tersebut.
Setelah masuk, di bawah logo tribun-timur.com, ada tulisan "Install BlackBerry Launcher tribun-timur.com". Klik itu, dan ikuti proses selanjutnya.
Dalam tempo seketika, ikon tribun-timur.com edisi mobile akan muncul di desktop (home) BlackBerry Anda. Selanjutnya, selamat menggenggam Makassar!

***

YANG terbaru, tim IT tribun-timur.com membuat launcher (peluncur) atau shortcut (jalan pintas mengakses) untuk handphone Nokia. Kami namakan Nokia Launcher tribun-timur.com.
Nokia Launcher tribun-timur.com merupakan shortcut yang memungkinkan pengguna handphone Nokia tipe tertentu bisa dengan cepat mengakses berita-berita tribun-timur.com edisi mobile cukup dengan mengklik icon m.tribun-timur.com edisi mobile.
Untuk mendownload Nokia Launcher tribun-timur.com, buka web browser lalu ketik m.tribun-timur.com.
Di bagian bawah logo setelah tulisan "Install BlackBerry Launcher tribun-timur.com" ada tulisan "Install Nokia Launcher tribun-timur.com". Klik link tersebut. Ikuti proses selanjutnya sesuai instruksi.
Menurut website Nokia, launcher ini bisa untuk Nokia seri berikut:
* Nokia N78
* Nokia N95 8GB, running a software version 15.0.015 or newer
* Nokia N82, running a software version 20.0.062 or newer
* Nokia N95 running on software version 21.0.016 or newer
* Nokia N96
* Nokia 5320 XpressMusic
* Nokia 6210 Navigator
* Nokia 6220 classic
* Nokia E90 Communicator
Nokia memberi catatan bahwa jika software handphone Anda memakai versi lama, silakan lakukan updating melalui layanan Nokia Software Update. Pada masa depan, semua device S60 3rd Edition dan Feature Pack 2 akan mendukung widget tersebut.
Nokia Launcher tribun-timur.com ini belum sempurna betul, terutama karena Nokia dengan seri tersebut ada yang kesulitan karena masih menggunakan operation system (OS) seri lama.
Uji coba kami lakukan untuk tipe Nokia yang terbatas. Dua tipe sukses, yakni Nokia 5730 XpressMusic dan Nokia N97.
Pada tipe Nokia E90, kendati terdapat pada daftar yang support, gagal dilakukan karena belum menginstall software terbaru. Handphone Nokia E90 saya, misalnya, tidak men-support. Handphone ini keluaran 2007, sedangkan OS untuk launcher tersebut memakai OS terbaru.

***

PENTING sekali dicatat, Tribun Timur edisi mobile tidak hanya untuk BlackBerry dan Nokia. Untuk dua merek itu kami sudah menciptakan fasilitas launcher-nya, yang lain moga-moga segera menyusul.
Tapi, pada dasarnya, semua handphone dan semua operator selular bisa mengakses m.tribun-timur.com asalkan handphone dan kartu telepon Anda memiliki koneksi internet.
Jadi, handphone produksi China boleh, produksi Korea juga boleh. Pokoknya apapun merek handphone Anda asal memiliki koneksi internet.
Cobalah masuk ke edisi mobile Tribun Timur dengan mengetik m.tribun-timur.com pada web browser handphone Anda.
Alamat "m" merupakan pengembangan terbaru untuk menyesuaikan dengan kecenderungan alamat URL versi mobile yang dimulai dengan "m" seperti halnya m.kompas.com dari kompas.com.
Pada akhirnya, kami ini menegaskan, semua itu belum sempurna betul, kami menyadarinya. Tapi buat kami, lebih baik berbuat, kendatipun kecil, daripada hanya bermimpi dan berpidato.
Selamat mencoba! Selamat menggenggam Makassar. Nantikan inovasi Tribun Timur dan tribun-timur.com berikutnya.(*)





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...