Saturday, September 11, 2010

Hotel 100 Ribu di Toraja

ANDA mau menikmati Tana Toraja? Siaplah menempuh perjalanan jauh, menikmati panorama alam dan pesona budaya, sedikit rasa letih, serta sedikit uang.

Jarak Makassar-Toraja sekitar 320 kilometer, menempuh perjalanan darat dengan pemandangan hamparan gunung batu di Maros, empang di Pangkep, kota berbukit di Parepare, tanah subur di Sidrap, dan rehatlah sejenak menikmati panorama gunung di Enrekang dengan secangkir kopi hitam.

Dari Enrekang, perjalanan tiga jam lagi: melewati jalan yang tak pernah lurus mendaki dan turun gunung sebelum sampai di Makale, ibu kota Tana Toraja.

Berangkat dari Makassar pukul 10 pagi, Makale diraih pukul 20 malam.

Kecepatan kendaraan sedang-sedang saja. Minum kopi sejenak sambil merasakan suhu dingin dan menikmati pegunungan indah Enrekang.

Ada banyak pilihan hotel atau wisma di Makale sebelum melanjutkan perjalanan satu jam ke Rantepao, ibu kota Kabupaten Toraja Utara. Ini daerah baru, pemekaran Tana Toraja.

Dari Makale, butuh satu jam lagi ke Rantepao. Untuk kunjungan singkat, cukup 2-3 jam keliling Rantepao untuk balik ke Makassar dan tiba malam hari.

Santai saja saat pulang. Sekitar 3-4 jam jalan santai, rehat, singgah di warung untuk melalui jalan berkelok ke Enrekang.

Enrekang-Makassar, selanjutnya, adalah perjalanan yang menyenangkan. Malam hari pun aman-aman saja.

Bila Anda cukup nyali, Enrekang-Makale pun aman. Hanya memang jalan malam di gunung yang gelap gulita membutuhkan konsentrasi ekstra.

***

Dari Makassar, Anda bisa membawa kendaraan sendiri, lewat travel, atau numpang angkutan umum.

Tiga atau empat hari lebih nikmat di Toraja, apalagi ada pesta budaya.

Kalaupun waktu yang lowong dua hari saja, ya, boleh juga. Cukup untuk pusing-pusing, kata orang Melayu.

Singgah di Makale sebelum ke Rantepao boleh juga. Di sini ada Hotel Sahid, Puriarta, dan wisma-wisma bertarif Rp 75 ribu semalam.

Nginap di Puriarta, seperti terlihat pada foto, boleh juga. Ada bath tube tapi tanpa air hangat.

Lumayan bersih tapi, hmm, tempat tidurnya mungkin kurang nyaman. Hanya cukup buat tidur lelap setelah menempuh perjalanan panjang.

Kopi dan the tersedia. Bolehlah.

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...