Saturday, March 2, 2013

Harga BlackBerry Z10, Antara Galaxy III dan iPhone 5

Dahlan Dahi

Seorang penjual BlackBerry memakai iPhone 5.

"Saya lagi menunggu BlackBerry Z10," kata dia, sambil memperlihatkan "handphone kedua-nya", BlackBerry jadul yang sudah tergores kiri-kanan.

Di Indonesia, rata-rata memakai BlackBerry sebagai handphone utama. iPhone, Nokia, atau Samsung sebagai handphone kedua.

Kawan saya, seorang Tionghoa yang biasa bolak-balik Singapura, sebaliknya. Dia memakai iPhone sebagai ponsel utama sedangkan BlackBerry usang sebagai handphone kedua, persis penjual handphone di atas.

Kenapa bisa begitu?

Bagi yang rajin browsing internet, BlackBerry menjengkelkan. Kira-kira dia sama dengan mesin ketik ketika orang-orang sudah menggunakan komputer.

Urusan browsing lebih nyaman dengan iPhone atau Samsung.

Itulah mengapa iPhone atau Samsung menjadi handphone utama. BlackBerry hanya diperlukan untuk BBM-an saja. Karena kebanyakan teman memakai BBM.

Kenalan lain, seorang penggiat salah satu browser yang melek teknologi, berani meninggalkan BlackBerry. Untuk komunikasi layaknya BBM-an dia memakai email.

Itulah konteksnya kenapa saya menunggu BlackBerry Z10. Konon, BlackBerry Z 10 ini loncatan teknologi dari sisi sistem operasi, bukan sekadar tampilan saja.

BlackBerry Z10 dimaksudkan sebagai handphone yang juga nyaman untuk browsing, layaknya iPhone atau Galaxy S III.

Lalu muncul berita TRIBUNnews.com seperti ini:

"BlackBerry akan merilis ponsel pintar andalannya, BlackBerry Z10, pada 4 Maret mendatang di Indonesia. Menjelang tanggal peluncurannya, bocoran harga BlackBerry Z10 sudah mulai tersiar.

Seorang sumber tepercaya mengatakan bahwa BlackBerry Z10 akan dijual di Indonesia seharga Rp 6.999.000. Harga ini lebih mahal ketimbang Samsung Galaxy S III, tetapi masih di bawah harga iPhone 5.

Harga BlackBerry Z10 di Indonesia tidak jauh beda dengan di Singapura, sekitar Rp 7,2 juta, dan di Malaysia sekitar Rp 6,84 juta."

Dari sisi harga, wow, menarik juga. Dengan masuk di level harga iPhone dan Galaxy S III, bolehlah kita coba untuk membandingkan keandalannya.(*)

Tentang harga BlackBerry Z10 dan rencana peluncurannya, lihat TRIBUNnews.com

1 comment:

  1. dan sekarang samsung akan merilis smartphone terbarunya yaitu samsung galaxy s4, rencananya akan dirilis pertengahan maret ini.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...