Thursday, May 2, 2013

Tribun dan Super Ball: Merek adalah Kesan, Bukan Susunan Huruf

Pembaca di Bandung mengomentari Berita Kota Super Ball.

Wah, ini menarik.

Sebagai warga Bandung, dia membaca Tribun Jabar.

Lalu dia bilang: Berita Kota Super Ball adalah sisipan Tribun Jabar.

Pembaca Berita Kota di Jakarta, yang tidak mengenal Tribun, tentu saja akan bilang Berita Kota Super Ball adalah Berita Kota (koran kota) yang berubah menjadi harian bola.

Kesan yang berbeda juga sering terjadi pada Tribun. Warga Medan akan bilang Tribun adalah Tribun Medan. Tapi di Makassar, Tribun adalah Tribun Timur.

Begitulah. Merek pada dasarnya bukanlah susunan huruf. Mereka adalah kesan dan kesan tergantung pada pengalaman konsumen.

Kesan membentuk merek. Demikian itulah percieve quality dari suatu brand.




Dahlan Dahi
dahlandahi.com


TRIBUNnews.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...