Monday, August 4, 2008

Bandara Hasanuddin yang Baru Mantap Juga

Ask the Tribun Timur Editor


Senin, 04-08-2008 | 15:09:52
Terminal Baru Bandara Hasanuddin Telah Beroperasi
Laporan: Furqon Majid. beritamajid@gmail.com

Makassar, Tribun - PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Hasanuddin telah mengoperasikan terminal baru mulai hari ini. Seluruh aktivitas penerbangan berjadwal telah resmi dipindahkan dari terminal lama sejak pukul 03.00 dini hari.

Pembukaan terminal baru tersebut dilakukan dengan sebuah seremoni sederhana. Diawali dengan doa oleh jajaran manajemen AP I Bandara Hasanuddin dan diakhiri dengan peninjauan boarding pesawat pertama.

Dua pesawat reguler pertama yang parkir pada apron terminal baru adalah Lion Air dengan nomor penerbangan JT-773 dan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-640 tujuan Jakarta.

Nama resmi adalah Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Kode bandara masih UPG sebelum permohonan penggunaan kode MKS disetujui Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (Internasional Civil Aviation Organization/ICAO).




Senin, 04-08-2008 | 16:45:58
Tenang, Ada 350 Troli di Terminal Baru Bandara Hasanuddin
Laporan: Furqon Majid. beritamajid@gmail.com

Makassar, Tribun - Pengelola Bandara Sultan Hasanuddin Makassar memastikan troli pengangkut barang tidak akan menjadi masalah lagi di terminal baru. Ada 350 unit troli yang bisa digunakan oleh penumpang secara cuma-cuma.

"Di terminal baru, kami menyediakan 250 unit. Pemerintah Kabupaten Maros juga memberikan bantuan 100 unit. Jadi total 350 unit troli," ujar manajer operasional Bandara Hasanuddin, Suharsoyo.

Di terminal lama troli menjadi masalah yang selalu dikeluhkan penumpang. Di sana hanya tersedia 64 troli. Itu pun sudah dikuasai porter. Padahal dalam satu jam ada tiga atau empat pesawat dengan jumlah penumpang hampir 1.000 orang.

Jumlah troli yang tersedia baru memenuhi separuh kebutuhan. Sebab menurut Suharsoyo, jumlah ideal adalah enam unit troli per 10 penumpang. Sehingga paling tidak dibutuhkan 600 troli yang bisa digunakan dalam satu jam.

"Untuk porter yang menguasai troli, kita memang tidak bisa melarang. Sama seperti penumpang tidak bisa dipaksa untuk menggunakan jasa porter. Paling tidak, di terminal baru jumlah troli tidak habis dikuasai porter," lanjut Suharsoyo.(*)



Senin, 04-08-2008 | 15:25:26
Penumpang Terakhir dan Pertama Dapat Souvenir
Laporan: Furqon Majid. beritamajid@gmail.com

Makassar, Tribun - Sattu, penumpang terakhir di terminal lama, dan Ahmad Salim, penumpang pertama di terminal baru mendapatkan hadiah souvenir dari PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Hasanuddin, dini hari tadi.

Sattu adalah penumpang Lion Air nomor penerbangan JT-798 tujuan Jayapura, Papua, yang berangkat pukul 03.00. Ia adalah penumpang yang paling akhir melakukan check in sebelum aktivitas di terminal lama ditutup.

Sedangkan Ahmad Salim merupakan penumpang Lion Air nomor penerbangan JT-773 tujuan Jakarta yang berangkat pukul 05.25. Ia adalah orang yang melakukan check in pertama setelah aktivitas di terminal baru dibuka.

Souvenir untuk Sattu diberikan oleh Manager Personalia dan Umum PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Bandara Hasanuddin, Tommy Meilitza. Tommy sengaja menunggu hingga seluruh penumpang habis.

Sedangkan souvenir untuk Ahmad diberikan General Manager AP I Bandara Hasanuddin, IBG Winaya. Winaya juga menunggu datangnya penumpang pertama. Masing-masing mendapatkan plakat PT Angkasa Pura I.(*)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...