Thursday, March 31, 2011

Logo Tribun Corp Regional Newspaper Kompas Gramedia


Dulu namanya Persda. Orang menyebutnya Pers Daerah. Ya, Persda.

Sebenarnya, Persda adalah nama singkat saja dari nama diri perusahaan yang mengelola koran daerah di Kompas Gramedia ini: PT Indopersda Prima Media atau disingkat Indopersda.

Persda sekarang berkembang dengan merek baru, Tribun. Koran Tribun pertama lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur. Namanya Tribun Kaltim, 2003.

Disusul Tribun Timur, dan terakhir Tribun Medan (2010). Tribun Jogja akan terbit dalam waktu dekat sebagai koran ke-16 di lingkungan PT Indopersda.

Sekarang, Tribun lebih dikenal daripada Persda. Wartawan-wartawan di Jakarta menyebut diri mereka bukan lagi sebagai "wartawan Persda", melainkan wartawan "Tribun". Dengan hadirnya tribunnews.com sebagai portal induk bagi seluruh portal lokal di lingkungan PT Indopersda, mereka menyebut diri sebagai "wartawan Tribunnews" atau wartawan "Tribunnews.com".

Seiring dengan itu, divisi koran daerah Kompas Gramedia ini bernama Tribun Corp Regional Newspaper Kompas Gramedia. Kelompok ini dipimpin seorang direktur kelompok (dirkel). Pada 2010, Tribun Corp masuk dalam kategori divisi besar di Kompas Gramedia.

Logo di atas merupakan logo Tribun Corp. Taglinenya: The National's Local Newspaper.


Dahlan Dahi

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...