Thursday, January 24, 2013

Cara Tethering, Menghubungkan Internet Galaxy Tab ke Laptop

Dahlan Dahi


Saya sedang di Surabaya dan mendapati hotel yang tidak berfungsi koneksi WiFi-nya.

Ah, tenang saja, kata saya. Saya membawa peralatan serba lengkap: iPhone, BlackBerry, Galaxy Tab, iPad dan laptop MacBook Air. Ke mana-mana, barang ini selalu tersedia di dalam tas bersama flash disk dan modem Telkomsel Flash.

Eh, masalah muncul. MackBook tidak bisa membaca modem Telkomsel Flash. Dulu bisa, entah kenapa sekarang tidak bisa.

Saya ingat tethering. Ini cara "memindahkan" koneksi internet dari satu gadget ke gadget lainnya.

Coba, ah! Dimulai dengan Galaxy Tab dan MacBook. Masuk ke menu setting Tab, cek menu "Connection". Di sana ada fitur "tethering".

Saya coba. Ada petunjuk untuk menghubungkan Galaxy Tab dengan MacBook memakai kabel USB (supaya tidak bingung, kabel USB ini adalah kabel charger).

Saya cobalah kabel charger itu. Bagian yang lebar colokannya masuk ke Tab, sedangkan bagian yang kecil masuk ke Mac. Simsalabim, jadi.

Pekerjaan selanjutnya, centang "USB tethering". Kalau sudah oke akan muncul "Tethered". Artinya sudah terkoneksi.

Selanjutnya, klik simbol WiFi di sisi kanan atas komputer Mac Anda. Terlihat "AndroidAP" --nama Galaxy Tab by default.

Klik AndroidAP itu dan..... hmmm, komputer MacBook sudah terkoneksi dengan internet.

Mungkin saja cara yang sama yang berlaku juga pada iPhone dengan Mac. Saya belum mencoba.

Bila Anda membawa Tab dan laptop, dan Anda membutuhkan koneksi internet, cobalah cara tethering.

Selamat mencoba!


Lihat Juga: 

Cara Mengatasi iPad yang Tiba-tiba Mati

Cara Menonton Kompas TV Live Melalui Internet




Tips Lain:
Cara Mengatasi iPad yang Tiba-tiba Mati

Cara Membuat Hotspot dari Tethering 

Cara Menonton Kompas TV Live Melalui Laptop atau Tablet

Cara Menjadi Citizen Reporter Tribun Timur (1)

Cara Menjadi Citizen Reporter Tribun Timur (2)

Akun Twitter: Cara Mengecek Kualitas Follower

Cara Beriklan di Facebook

Cara Mengakses Arsip Tribun Jakarta

Cara Agar Diliput Tribun Timur

Cara Mengirit Baterai iPhone

WIFI GRATIS: Inilah Caranya


 

1 comment:

  1. Hehehe, saya usul satu gadget lagi sebagai back up: MIFI ROUTER. Alat yang bisa memancarkan sinyal WiFi. Cukup dengan memasukkan kartu SIM, diaktifkan, alat ini langsung memancarkan sinyal WiFi, bisa dipakai bersama untuk 5-10 users pada waktu bersamaan.

    MIFI ROUTER yang cukup bagus, ZTE AC30. Bisa untuk kartu GSM, juga bisa untuk kartu CDMA. :) (asm)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...