Setidaknya ada tiga kategori atau bidang yang harus dikuasai bila ingin menjadi master dalam social media.
1. Bagaimana membangun online audience (diukur dari jumlah follower, like, dan seterusnya)
2. Bagaimana menggunakan social media sebagai tools dari marketing (social media marketing)
3. Bagaimana mengukur kinerja (kadang disebut ROI) dari sosial media.
Tools untuk mengukur kinerja social media atau social media measurement ada yang berbayar ada pula yang gratisan (free).
Saya menemukan artikel menarik yang membahas 11 tools gratisan (harap ingat bahwa yang gratisan memiliki fitur yang terbatas. Untuk mengakses fitur-fitur tertentu harus berbayar).
Antara lain:
Hootsuite.com
Tweetreach.com
Selengkapnya cek di sini
Cara Gampang Mengukur Jangkauan Hastag Twitter
LAINNYA:
Social Media yang Mengubah Bisnis Kita
Cara Menyusun Social Media Plan, Perencanaan Social Media ...
No comments:
Post a Comment