Catatan: Bahan pelatihan internal ini telah diedit.
Berita Standard dan Indepth Reporting
Oleh:
Dahlan
Pemimpin Redaksi Tribun Timur, Makassar
(Bahan diskusi Pelatihan Wartawan dan Redaktur Tribun Pontianak di Pontianak, Rabu, 9 April 2008, pukul 09.00-12.00)
PANDUAN KERJA 5 W 1 H
1. WHAT (Berita dan Indepth Reporting)
2. WHERE
3. WHEN
4. WHO
5. WHY (Indepth Reporting)
6. HOW (Indepth Reporting)
WHAT (Berita)
Dalam bahasa Inggris disebut news. Artinya kabar, berita, warta.
Berita akrab dengan dunia jurnalistik. Medianya: cetak, radio, TV, computer, handphone.
Masing-masing media berbeda karakteristiknya. Kita akan berbicara mengenai berita di media cetak.
Berita terdiri atas berita standard dan berita mendalam (indepth reporting atau indepth news).
Unsur-unsur berita standard
5W 1H
1. What
2. Where
3. When
4. Who
5. Why
6. How
1. Baru
2. People
3. Konflik
4. Seks
5. Ikon kota
6. Komunitas
7. Proksimitas (geografis, emosional)
8. Unik
9. Glamour
1. Human interest
1. Peristiwa
1. Bencana
Eksplorasi 5 W 1 H
Eksplorasi dan temukan angle yang kuat:
1. What
2. Where
3. When
4. Who
5. Why
6. How
Indepth reporting adalah berita yang unsur-unsurnya dikembangkan secara mendalam, lebih detail.
Unsur-unsur yang dimaksud adalah what, where, when, who, why, dan how.
Sikap Dasar
1. Sebelum memilih topik liputan, harus benar-benar dicamkan bahwa Anda tidak membuat laporan untuk diri Anda sendiri, tapi untuk pembaca.
2. Indepth reporting dan investigative reporting, sebagai produk jurnalistik, dihasilkan oleh sikap kritis, rasa ingin tahu, dan idealisme seorang wartawan. Kedua alat jurnalistik ini juga merupakan cara surat kabar mempertahankan eksistensinya di tengah serbuan jurnalisme flash news yang menjadi kekuatan media audio, audio visual, dan internet.
Indepth reporting (indepth news)
· Laporan jurnalistik (dikerjakan berdasarkan prinsip-prinsip jurnalistik: menyucikan fakta, memakai prosedur check and recheck, menulis secara berimbang, dst)
· Mendalam (lebih dari sekadar hard news atau berita standar, diperkuat data yang lengkap)
Obyek Liputan
· Semua obyek liputan jurnalistik
Angle Liputan:
· People
· Komunitas
· Kedekatan geografis
· Kedekatan demografis
· Kedekatan psikografis
Berapa Lama
Tergantung. Bisa untuk edisi besok maupun untuk edisi beberapa hari kemudian yang akan disajikan dalam liputan khusus satu atau dua halaman maupun tulisan bersambung.
HOW (Cara Penggarapan)
Liputan indepth selalu rumit dari segi isi (content) maupun design . Karena itu, ada baiknya, biasakanlah membuat organisasi kerja. Buat rencana (desain) liputan dan rencana (design) halaman.
Bersyukurlah bila Anda memiliki reporter yang memiliki kualifikasi mampu membuat design liputan. Bila tidak, Anda harus membuatnya sendiri.
A. Content
1. Tentukan angle liputan (lihat Angle Liputan).
2. Data apa yang mendukung
3. Foto-foto apa saja yang diperlukan
4. Siapa narasumbernya
5. Kapan deadline
6. Siapa mengerjakan apa
7. Evaluasi bahan yang diperoleh.
8. Setelah semua oke, buatlah perencanaan halaman
B. DESIGN
Tentukan design halaman
Beberapa Panduan Penyajian
Dalam liputan indepth, banyak bahan berita yang hendak disajikan. Semua terasa menarik. Pada situasi seperti ini, langkah sederhana yang harus dilakukan adalah membuat skala prioritas berdasarkan pertimbangan kelengkapan berita dan kebutuhan pembaca.
Demikian. Semoga bermanfaat.
Makassar, 4 April 2008
No comments:
Post a Comment