Talk Show
Penting sekali memperhatikan karakteristik audiens atau desire audince, habit mereka, kebutuhan mereka, dan cara mereka memenuhi kebutuhan.
Itu semua mempengaruhi apa content (isi) majalah dinding yang akan kita bikin, bagaimana cara penyajiannya.Majalah Dinding
Bersama
Tribun Timur
Sabtu (17/3), Pukul 16.30-18.30
Majalah dan Dinding
• Majalah, bukan harian (mingguan, dwi mingguan, bulanan)
• Dinding, karena dipajang di dinding (apa namanya kalau digantung di bawah pohon atau ditempatkan di dinding kantin?)
Tujuan:
• Sumber informasi praktis (buku baru, murid baru, guru baru)
• Sumber berita (acara pensi, pertandingan basket)
• Menambah wawasan
• Memberi inspirasi
• Ajang komunikasi dua arah (via SMS,
• Merangsang kretivitas (pengelola, audiens)
Audiens:
• Siswa (karakteristik: ceria, muda, fun)
• Guru (karakteristik: formal, tua)
•
Kekhasaan:
• Sebagai majalah dengan medium dinding, majalah dinding memiliki ciri khas:
- Dibaca sambil berdiri (hindari artikel yang panjang, … diskusi)
- Sepintas (calon pembaca hanya akan singgah kalau melihat ada sesuatu yang menarik, eye catching)
- Waktu membaca tidak lama (hindari artikel yang panjang)
- Tidak mobile (majalah dinding sulit dibawa ke mana-mana. Bandingkan dengan koran, majalah, televisi, atau handphone)
- Dibaca dari jarak yang relatif jauh (font huruf, ukuran gambar… diskusi)
Organisasi:
- Sebagai sarana latihan berorganisasi
- Dengan organisasi, kita belajar manajemen (merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan, mengevaluasi) dan kepemimpinan (mengelola orang, mengelola masalah, menumbuhkan visi, melatih keterampilan memimpin)
Tambahan (bimbingan, pelatihan):
Akhirnya, Tribun Timur mengundang teman-teman siswa untuk bimbingan dan pelatihan (mengelola majalah dinding, penulisan, dan fotografi). Sukses!
Disajikan pada pelatihan majalah dinding pada Kompas Gramedia Fair 2007 di Balai Prajurit Jenderal Jusuf.
Pemateri,
Dahlan
Wapemred II Tribun Timur
TERIMA KASIH
No comments:
Post a Comment