Wednesday, February 4, 2009

Menjelang HUT ke-5 Tribun Timur

Ask the Tribun Timur Editor
PAGI-pagi sudah bagun. Pukul 08.00, protokol kantor Gubernur Sulsel menjadwalkan pertemuan pimpinan Tribun Timur dengan Gubernur Syahrul Yasin Limpo di Gubernuran.
Tribun Timur terbit pertama kali di Makassar, 9 April 2004. Ulang tahun ke-5 mestinya 9 April. Cuma karena hotel berbintang pada penuh, perayaan digeser ke tanggal 11.
Sekitar 1.500 undangan --yang diundang maupun yang membeli tiket-- diharapkan hadir. Gubernur dan Wali Kota Makassar Andi Herry Iskandar termasuk diantara undangan. Karena itulah, kami harus bertemu dengan kedua pejabat itu.
Saya biasanya meliput, kali ini saya harus menghadap pejabat. Hmmmmm, seru juga.
Pada ulang tahun sebelumnya, kami memutuskan tidak mengundang pejabat. Ya, jadi tidak perlu menghadap. Kali lain, lebih meriah.


Surat kabar Tribun Timur pertama kali terbit 9 Februari 2004. Kantor pusatnya di Makassar , Sulawesi Selatan, dengan wilayah edar meliputi dua provinsi utama di Sulawesi , Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Tribun Timur merupakan salah satu koran daerah Kompas Gramedia yang dikelola PT Indopersda Primamedia (Persda Network), Divisi Koran Daerah Kompas Gramedia. Untuk menerbitkan Tribun Timur, Kompas Gramedia bekerja sama dengan Bosowa Group, kelompok usaha nasional terkemuka yang berbasis di Makassar, kota utama pintu gerbang Indonesia timur.

Koran ini merupakan generasi baru koran daerah Kompas setelah generasi pertama Tribun lahir di Kalimantan Timur (Tribun Kaltim) dan kemudian Tribun Timur.

Sukses Tribun Kaltim dan Tribun Timur membuat bendera Tribun semakin berkibar, terlebih setelah koran Tribun yang lainnya juga menuai sukses yang luar biasa: Tribun Batam, Tribun Pekanbaru, Tribun Pontianak, dan Tribun Jabar (dulu Metro Bandung).

Persda terus mengembangkan Tribun ke seluruh Nusantara. Menyusul dalam waktu dekat, Tribun Manado di Manado, Sulawesi Utara.

Sejak pertama kali terbit, Tribun Timur mendapat sambutan yang luar biasa dari pasar. Tribun Timur sekarang menjadi koran utama dan terkemuka di Makassar . Iklan Tribun Timur tahun 2008, menurut survey AC Nielsen, merebut hampir 50 persen kue iklan di Makassar (iklan lokal maupun nasional). Sisanya diperebutkan oleh empat koran lain yang terbit di Makassar .

Hampir semua merek nasional bermitra dengan Tribun Timur, seperti Nokia, Sony Ericsson, LG, Telkomsel, Indosat, Esia, Fleksi, Fren, Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, Yamaha, Suzuki, Bank Mandiri, Bank Panin, Lippo, Hypermart, Carrefour, Ramayana, Matahari, Electronic Solution, Index Hardware, Sampoerna, Djarum, Clas Mild, Gudang Garam, Bentoel, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2008, pertumbuhan iklan Tribun Timur dari pemasang iklan Jakarta lebih dari 100 persen.

Pada usia ketiga, tahun 2007, Persda menobatkan Tribun Timur sebagai koran terbaik dari sisi financial perpective, business process, learn and growth, dan customer perspective.

Dari sisi sirkulasi (oplaq) dan readership, Tribun Timur juga tumbuh pesat, menempatkan koran ini tidak hanya sebagai koran terkemuka di Makassar tapi juga masuk dalam jajaran koran-koran dengan readership terbanyak secara nasional.

Tribun Timur hadir di Makassar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat profesional kota dan keluarga metropolitan. Pembaca dimanjakan dengan suguhan berita dan rubrik lifestyle seperti Tribun Women, Tribun Kids, Tribun Health, Cellular Style, Tribun Automoto, Tribun Motor, Tribun Griya, Tribun Skul, Tribun Property, Tribun Techno, Tribun Shopping, Tribun Mal, dan masih banyak lagi.

Tribun Timur , yang memiliki basis kuat di pasar langganan, setiap pagi mengunjungi pembaca di rumah mereka sebelum berangkat ke tempat kerja atau sekolah.

Untuk memudahkan keluarga metropolitan menikmati Tribun Timur, koran ini dibagi dalam enam sesi (36 halaman): Front Page, Tribun Pemilu, Tribun Makassar, Tribun Women, Superball, dan Tribun Iklan.

Sejak awal kelahirannya, Tribun Timur hadir dengan edisi online melalui tribun-timur.com. Inovasi terus dilakukan, sehingga pada September 2007, tribun-timur.com tidak hanya menerbitkan edisi print (print go online) melainkan juga edisi real time (real time news). Inovasi ini menempatkan tribun-timur.com sebagai portal berita real time pertama di luar Jawa.

Pengunjung tribun-timur.com juga terus tumbuh. Jika pada awalnya, jumlah pengunjung rata-rata sekitar 2.000 (pengunjung unik) per hari, sekarang ini sudah melebihi 5.000 pengunjung per hari, dengan lebih 2.000 pengunjung di antaranya mengakses tribun-timur.com melalui handphone. Ini lagi-lagi menempatkan tribun-timur.com sebagai situs berita surat kabar yang paling banyak pengunjungnya di Makassar dan Indonesia timur.

Pada 2008 (hingga November), tribun-timur.com dikunjungi 1,2 juta pengunjung, dengan jumlah hits 30.639.569 dan jumlah halaman yang diakses 1.293.219 halaman.

Menurut AW Stats, sembilan besar pengunjung tribun-timur.com dari Indonesia, Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia, Taiwan, Norwegia, Malaysia, dan Korea Selatan.

Bekerja sama dengan kompas.com, tribun-timur.com terus mengembangkan diri, antara lain, dengan menghadirkan Tribun TV. Fitur-fitur dan fungsinya akan terus dikembangkan, menyesuaikan dengan perkembangan website surat kabar di dunia.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...