Monday, June 20, 2011

Survei Nielsen 2011 Akhirnya Tempatkan Tribun Timur sebagai Koran Nomor Satu di Makassar

Survei Nielsen 2011: Tribun Timur Kini Koran Nomor Satu di Makassar

PEMBACA yang terhormat,
Hari ini, Senin, 20 Juni 2011, kami mengumumkan kabar gembira. Nielsen Media Research (NMR), satu-satunya lembaga survei koran yang memiliki reputasi terpercaya, menetapkan Tribun Timur sebagai koran dengan jumlah pembaca (readership) terbesar di Makassar. Itu merupakan hasil survei terakhir Nielsen, yakni triwulan kedua tahun 2011.
"Tribun Timur sekarang menjadi koran nomor satu di Makassar, mengalahkan pesaing utamanya," begitu penjelasan Eldo Delamontano, client services Nielsen di Jakarta.
"Kami akan segera mengabarkan hasil survei ini kepada semua agensi iklan klien Nielsen di Jakarta," tambahnya.
Eldo menjelaskan, sejak tiga triwulan (sembilan bulan) terakhir, jumlah pembaca Tribun Timur terus naik (kecuali pada triwulan kedua yang sedikit mengalami penurunan), sementara readership kompetitor utama Tribun Timur terus merosot tajam.
 Eldo menyebut beberapa kunci kemenangan Tribun Timur. Di antaranya, jumlah pembaca berusia muda koran ini sangat besar dan terus tumbuh dibanding kompetitor. Pembaca muda ini sangat akrab dengan teknologi informasi dan internet.
"Content (isi berita), rubrikasi, dan cara penyajian (desain) Tribun Timur lebih akrab dengan pembaca muda dengan gaya hidup digital," kata Eldo.
Dengan basis pembaca muda, Tribun Timur memiliki masa depan yang lebih panjang karena koran ini tumbuh bersama pembaca muda yang berubah, suatu perubahan lifestyle dan tingkah laku yang terutama didorong faktor internet dan teknologi informasi.
"Proporsi pembaca muda dibanding jumlah populasi terus membesar. Itulah kekuatan Tribun Timur," kata Eldo.
Faktor lain yang menjadikan Tribun Timur sebagai pemenang adalah kepercayaan pembaca. Ujar Eldo: "Berita-berita Tribun Timur lebih dipercaya dibanding koran lain."
***
DIDIRIKAN tahun 1923, Nielsen Media Research (dulu bernama AC Nielsen) berkantor pusat di New York, Amerika Serikat.
Perusahaan riset media audience, termasuk penonton TV, pendengar radio, penonton film, dan pembaca surat kabar, ini memiliki perwakilan di lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia.
 
Di Indonesia, sejak beberapa tahun terakhir, Nielsen praktis tanpa pesaing. Nielsen satu-satunya acuan untuk mengukur kinerja media massa, termasuk surat kabar. Tidak ada lembaga lain yang dipercayai, terutama oleh biro iklan bonafid di Jakarta.
Untuk mengukur jumlah pembaca media massa, Nielsen melakukan survei di sejumlah kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.
Survei dilakukan terus menerus dan hasilnya diumumkan per empat bulan (per kuartal) atau dalam istilah Nielsen, "wave" (gelombang).
Jumlah pembaca surat kabar diukur dengan apa yang disebut sebagai readership. Nielsen tidak mengukur jumlah oplag surat kabar.
Menurut Marketing Dictionary, readership adalah "total number of readers of a publication". Jadi, yang diukur Nielsen adalah total jumlah pembaca surat kabar.
Nah, pembaca, pada kuartal II 2011, hasil survei Nielsen di Makassar menemukan Tribun Timur merupakan koran dengan jumlah readership terbanyak di Makassar.
Ke dalam readership sebenarnya terkandung juga merek atau brand surat kabar. Ini, misalnya, tercermin dari salah satu pertanyaan surveyor Nielsen: koran apa yang Anda baca satu minggu terakhir?
Seperti sudah disebutkan, dari sisi oplag, Tribun Timur sudah cukup lama menjadi Pemimpin Baru. Tapi, dari sisi survei Nielsen, inilah pertama kalinya Tribun Timur  menjadi pemenang sejak koran ini terbit, 9 Februari 2004.
Itu juga membawa makna bahwa merek Tribun Timur pun sudah paling kuat, bukan cuma jumlah pembacanya yang terbanyak.
***
NIELSEN mengukur readership untuk surat kabar, bukan reach (jangkauan). Reach adalah terminologi baru untuk mengukur jangkauan media online, misalnya tribun-timur.com, berikut social networking-nya.
Pada sisi ini, tanpa ragu, Tribun Timur sejak awal merupakan yang terbesar. Portal tribun-timur.com diakses lebih 200 ribu pengunjung (visitors) setiap bulan. Pengunjung sebanyak itu, menurut statistik Google Analytics, mengakses 1,1 juta halaman.
Fans Facebook Tribun Timur Berita Online Makassar saat ini lebih 40 ribu. Ini bukan cuma jumlah orang atau lembaga, tapi jangkauan berita Tribun Timur edisi cetak maupun online.
Lewat Twitter, @tribuntimur, koran ini menjangkau lebih 6.000 orang real time, setiap saat, seketika.
Hasil survei Nielsen yang menempatkan Tribun Timur sebagai koran dengan jumlah pembaca terbesar di Makassar mengukuhkan dominasi Tribun Timur sebagai yang terbesar, tidak hanya dari sisi readership, tapi juga dari sisi reach.
***
DARI sisi skala bisnis koran (besaran iklan maupun sirkulasi), Makassar adalah yang terbesar di Indonesia  timur. Karena itu pula, masuk akal kalau koran terbesar di Makassar dengan sendirinya adalah koran terbesar di Indonesia timur.
Makassar selalu melihat dirinya sebagai pusat Indonesia timur. Demikian pula ketika koran ini diberi nama. Tribun Timur adalah nama yang aneh dibanding dengan koran-koran daerah Kompas Gramedia lainnya: Tribun Kaltim, Tribun Manado, Tribun Batam, Tribun Pekanbaru, Tribun Jambi, Tribun Lampung, Tribun Medan, Tribun Kaltim, Tribun Pontianak, Tribun Jabar, Tribun Jogja.
Semua memakai nama kota atau provinsi. Tribun Timur tidak. Mestinya koran ini bernama Tribun Makassar atau Tribun Sulsel.
Diberi nama Tribun Timur, nama kawasan, karena sejak awal koran ini dicita-citakan sebagai koran Makassar dan Indonesia timur.
Pembaca, terima kasih yang tak terhingga. Lewat survei Nielsen, cita-cita kami menjadikan koran ini sebagai koran terbesar di Makassar -dengan demikian, juga di Indonesia timur-akhirnya terwujud.
Tribun Timur kini koran nomor satu di Makassar dan Indonesia timur.

Wassallam.


Dahlan Dahi

dahlandahi.blogspot.com
tribun-timur.com
tribun-medan.com
tribunnews.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...