Wednesday, September 5, 2012

Foto-foto Eksekusi Kartosoewirjo

Dahlan Dahi

 Foto-foto eksekusi Kartosoewirjo di TRIBUNnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pimpinan tertinggi Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) Kartosoewirjo mengembuskan nafas terakhirnya di depan 12 orang eksekutor pada tanggal 5 September 1962.

Hari ini, 5 September 2012 tepat 50 tahun eksekusi tersebut. Kartosoewirjo dieksekusi di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu. Ketika tiba di pulau tersebut, petugas militer mengikat Kartosoewirjo pada tiang yang sudah tertancap.

Disaksikan beberapa pejabat yang hadir, regu tembak berjumlah 12 orang siap menembak mati Kartosoewirjo.

Tak ada yang tahu pada senjata siapa peluru disarangkan. Namun sesaat setelah komandan memberi instruksi, beberapa peluru menembus dada sebelah kiri Kartosoewirjo.

Terakhir, komandan regu penembak melakukan tembakan dari jarak dekat. Begitulah wafatnya Sang Imam, Kartosoewirjo.

Penggalan kisah yang menceritakan kehidupan Kartosoewirjo dan detik-detik jelang akhir hayatnya terangkum dalam foto-foto yang tersaji dalam buku yang diluncurkan Fadli Zon. Buku tersebut diberi judul 'Hari Terakhir Kartosoewirjo: 81 Foto Eksekusi Mati DI/TII'

"Kesan saya dari foto tersebut, ia pergi dengan tegar dan tak kelihatan sedikitpun rasa takut," ujar Fadli, dalam acara launching buku terbarunya, di TIM, Jakarta, (5/9/2012).
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...