Wednesday, September 12, 2012

Kualifikasi Piala Dunia 2014: Hasil-hasil Pertandingan

Dahlan Dahi 

Inggris harus berbagi poin dengan Ukraina 1-1. Inilah ulasannya dan link hasil-hasil pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 dari TRIBUNnews.com.

Sumber: Tribun Jakarta Digital Newspaper

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Nurfahmi Budi

TRIBUNNEWS.COM - Drama terjadi di Stadion New Wembley, London, dinihari tadi WIB. Tuan rumah Inggris nyaris terjungkal di tangan Ukraina pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup H Zona Eropa.

Gelandang asal Chelsea, Frank Lampard kembali tampil sebagai pahlawan setelah sukses mengeksekusi sepakan penalti, tiga menit jelang bubaran.

Gol tersebut menjadi penyama kedudukan, setelah gawang Joe Hart terlebih dulu dijebol via tendangan melengkung milik Evgeni Konoplienka di menit ke-39. Hasil ini menjadi antiklimaks setelah empat hari sebelumnya armada Roy Hodgson menuai lima gol tanpa balas di kandang Moldova.

Objek sasaran para pendukung The Three Lions tak lain adalah sang kapten, Steven Gerrard. Nasibnya sungguh ironi, karena sebagai pemimpin rekan-rekannya, ia malah lepas kontrol di akhir pertandingan. Tak pelak, kartu kuning kedua yang dikeluarkan wasit asal Turki, Cuneyt Cakir, sesaat setelah gol Lamps, membuat punggawa Liverpool tersebut harus keluar lapangan.

Kondisi ini membuat Super Gerro melengkapi penampilan buruknya dalam dua laga awal. Saat Inggris menaklukkan Moldova, Gerrard hanya bermain 45 menit pertama, sebelum diganti Michael Carrick.

Pertandingan dinihari tadi juga menjadi pesta kartu kuning. Tercatat, kartu kuning untuk tim tuan rumah didapat Jermain Defoe, Steven Gerrard (2), Joleon Lescott, James Milner dan Glen Johnson. Sedang pemain tim tamu yang menuai kartu peringatan tersebut adalah Yevgen Selin, Denis Garmash dan Yevhen Khacheridi.

Apa yang diperoleh Gerrard membuatnya masuk dalam daftar 14 pemain Inggris yang sudah mendapat kartu merah. Ia juga termasuk dalam penerima kartu kuning, yang saat ini paling banyak dikoleksi David Beckham (17). Sedangkan kartu merah terbanyak masih dipegang David Beckham serta Wayne Rooney (2).

Gerrard pun harus masuk dalam keluarga besar korban ke-14 kartu merah yang didapat para punggawa Tiga Singa saat membela negaranya di kancah resmi internasional. Kartu merah perdana diperoleh Alan Mullery pada 5 Juni 1968 saat Piala Eropa 1968. Setelah itu berturut- turut masuk dalam daftar antara lain Alan Ball (6 Juni 1973), Trevor Cherry (12 Juni 1977), Ray Wilkins (6 Juni1986), David Beckham (30 Juni 1998), Paul Ince (5 September 1998) dan Paul Scholes (5 Juni 1999).

Selain itu ada nama David Batty (8 September 1999), Alan Smith (16 Oktober 2002), David Beckham (8 Oktober 2005), Wayne Rooney (1 Juli 2006), Robert Green (10 Oktober 2009) dan Wayne Rooney (7 Oktober 2011).

Gerrard sendiri mengaku kaget dengan kartu merah yang diperolehnya. "Saya tidak berpikir ada pelanggaran yang buruk. Itu tekel yang sebenarnya tidak terlalu berat. Jelas saya kecewa, namun senang dengan penampilan di lapangan," kata Gerro, di BBC.

Akibat kartu haram yang diterima pada laga ke-98 bersama timnas, suami Alex Curran ini absen saat Inggris melawan San Marino. "Tidak masalah karena teman-temanku pasti menang. Menghadapi Ukraina, kami banyak menguasai bola dan mengontrol pertandingan. Seharusnya bisa menang, tapi Ukraina memang bermain bagus," ujar Gerrard.

Pelatih Hodgson mengatakan hasil yang diperoleh kontra Ukraina tak adil secara umum. "Kami bisa mengalahkan mereka di Euro, tapi tidak di sini. Kami tak beruntung, karena banyak sekali kesempatan emas yang gagal dimaksimalkan. Soal gol, tendangan pemain itu memang sangat bagus," ujar eks arsitek Inter Milan ini.

Sedangkan kubu Ukraina juga mengaku kurang puas. Pelatih Oleh Blokhin mengaku kecewa dengan gol penalti Lamps.

"Kami memulai pertandingan dengan baik, meraih hasil positif dan ternyata harus kehilangan tiga angka di akhir pertandingan. Namun saya salut dengan perjuangan anak buahku. Ini menunjukkan kami siap menjalani fase kualifikasi yang panjang ini," sebutnya.(*)

Hasil dan Ulasan Kualifikasi Piala Dunia 2014 di Tribun Jakarta

Berita Terkait: Kualifikasi Piala Dunia 2014
Menang Tipis, Sergio Ramos Kritik Georgia
Belanda Catat Kemenangan Ke-10 Beruntun
Diwarnai Dua Kartu Merah, Kolombia Bungkam Chile
Penalti Lampard Selamatkan Inggris
Serbia Telan Wales 6-1
Roberto Soldado Pahlawan Spanyol
Gulung Israel, Rusia Mantap di Grup F
Jepang Menang, Korsel Seri
Australia Menyerah di Tangan Yordania


 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...