Saturday, February 9, 2013

Catatan HUT 9: Tribun Timur Masuk 20 Koran Terbesar di Indonesia

Catatan
Dahlan Dahi
Pemimpin Redaksi
Tribun Timur


WAHAI pembaca, inilah hadiah Anda yang terindah untuk ulang tahun Tribun Timur yang ke-9: Koran ini masuk dalam daftar 20 koran dengan readership (pembaca) terbanyak di Indonesia menurut survei lembaga berstandar internasional, Nielsen Media Research.

Di dalam daftar 20 koran besar itu terdapat nama-nama besar seperti harian Kompas (satu group dengan Tribun) dan Jawa Pos, koran terbitan Surabaya.

Semua koran di dalam daftar 20 besar “Newspaper most often read in 9 cities in Indonesia” terbit di Jawa dan Sumatera, kecuali Tribun Timur.

Dengan kata lain, Tribun Timur adalah satu-satunya koran di luar Jawa dan Sumatera yang berhasil masuk dalam daftar tersebut.

Walau terbit di Makassar, mengacu pada data terbaru Nielsen tersebut, jumlah pembaca Tribun Timur mengalahkan sejumlah koran dengan nama besar yang terbit di Jakarta.

Periode survei adalah Q4 atau Quartal Empat (Oktober-Desember) 2012. Ini merupakan survei paling terakhir.

Tribun Timur menjadi koran dengan readership terbesar di Makassar sejak tahun 2011 dan tidak pernah kalah sejak itu.

Dari 20 koran tersebut, tujuh di antaranya merupakan koran terbitan Tribun Network.

Selain Tribun Timur, koran Tribun Network (atau Regional Newspaper Kompas Gramedia) yang masuk dalam top 20 adalah Warta Kota dan Berita Kota (Jakarta), Surya (Surabaya), Sriwijaya Post (Palembang), Tribun Jabar (Bandung), dan Tribun Jogja (Jogjakarta).

Total jumlah pembaca ketujuh koran tersebut, menurut Nielsen, adalah 1.267.000 –sedikit melampaui jumlah pembaca “seniornya”, harian Kompas.

***

TRIBUN Network –yang mengelola 27 koran di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi-- menerbitkan portal berita online di bawah bendera TRIBUNnews.com Network.

Diperkuat lebih dari 20 portal berita di 20 kota, TRIBUNnews.com –di mana tribun-timur.com sebagai salah satu pilarnya-- merupakan portal berita umum nomor lima terbesar menurut Alexa.

Alexa adalah situs pemeringkat website. Alexa memeringkatkan portal berdasarkan reach (luas jangkauan), traffic rank (ranking kunjungan), pageview (jumlah halaman yang dibuka), dan search (pencarian).

Dalam daftar Top Sites in Indonesia versi Alexa, nomor satu adalah situs sosial media populer Facebook, disusul Google di nomor dua.

Detik.com, portal berita terbesar di Indonesia, berada di nomor tujuh dalam daftar itu per 8 Februari kemarin. Kompas.com di nomor dua atau pada nomor 12 di peringkat Alexa.

Adapun Viva.co.id di nomor tiga atau nomor 18 Alexa. Okezone.com berada di nomor empat atau nomor 33 Alexa.

TRIBUNnews.com menempel ketat Okezone di nomor empat portal berita terbesar Indonesia atau nomor 34 versi Alexa.

Dengan kata lain, portal berita TRIBUNnews.com merupakan website berita berbasis daerah terbesar di Indonesia.

Itu semua, tentu saja, berkat pembaca sekalian. Kami menganggap semua capaian itu sebagai hadiah terindah pembaca untuk HUT Tribun Timur yang ke-9.

Terima kasih, pembaca!



Tulisan ini dimuat Tribun Timur edisi cetak, 9 Februari 2013.


Catatan Lainnya:



 




Lihat Juga:




 

 

 

 

 

 


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...