Thursday, August 15, 2013

Bagaimana Mendapatkan Ide untuk Tulisan di Blog

BAGI bloger, salah satu soal besar adalah bagaimana terus menulis agar blognya tetap ter-update.

Ini memang salah satu trik Search Engine Optimization atau SEO. Google menyukai fresh content. Dengan sering meng-update blog, besar kemungkinan tulisan kita akan ditemukan pembaca melalui mesin pencari Google.

Berdasarkan pengalaman pribadi, inilah beberapa tips mendapatkan ide menulis di blog:

1. Anggaplah blog sebagai perpusatakaan pribadi
Seringkali kita membaca sesuatu yang penting dan kita ingin menyimpannya. Saya memilih menyimpannya di blog karena gampang dicari melalui Google.

Bagi saya, blog adalah perpustakaan pribadi yang bisa diakses publik.

Tentu saja, kita harus mencantumkan sumber tulisan itu. Ini etiknya. Dan agar tidak sekadar copy-paste, kita perlu menambahkan catatan sendiri, memperkaya tulisan yang di-copy.

Cara lain, buatlah summary berisi poin-poin penting dari tulisan tersebut.

Contoh: Steve Jobs Seorang Micromanager

2. Jangan mengira semua orang sudah tahu
Banyak informasi yang bisa membantu orang lain tapi kita mengira informasi tersebut biasa saja. Contohnya, Anda ke suatu kota dan menyantap kuliner yang enak. Tulislah, fotolah. Informasi Anda mungkin akan berguna bagi orang lain.

Anda menemukan tempat cuci mobil 24 jam, pelayannya ramah, hasil kerjanya bagus. Bila Anda menulisnya di blog, ini merupakan amal yang luar biasa. Amal kepada pemilik dan para pekerja tempat cuci mobil itu. Amal bagi pemilik mobil yang mencari-cari informasi tentang tempat cuci mobil 24 jam.

Anda ke toko jual beli handphone bekas. Informasi tentang harga handphone second berikut tipe-nya mungkin berguna bagi orang lain.

LIHAT: Harga iPad 3 16Gb di Roxy Jakarta

Bagi saya, blogger itu bukanlah pekerjaan intelektual yang rumit. Jangan melihat diri sebagai profesor. Saya melihat diri sebagai seorang messenger, penyampai pesan.

Pada levelnya yang tertinggi, para nabi adalah messenger.

3.  Perspektif
Menulis dengan perspektif, dengan memberi bingkai, tafsir, dan makna atas suatu fakta membutuhkan pengalaman dan level pengetahuan tertentu.

Sekali-sekali menyajikan tulisan seperti ini menambah bobot isi blog. Tapi, ingatlah: Jika blog Anda hanya berisi perspektif, Anda membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk sekadar menurunkan satu tulisan.

LIHAT Ekosistem Mudik: Cuci Mobil

4. Fokus kepada kebutuhan pembaca
iPad saya tiba-tiba down, mati. Saya menemukan cara mengatasinya setelah searching di Google. Pengalaman dan tips caranya mengatasinya saya tuangkan di blog. Tulisan ini menjadi salah satu artikel populer di blog dahlandahi.com.

Saya tidak perlu menjadi ahli iPad atau ahli IT untuk memberikan tips yang berguna bagi pembaca.

Saya menemukan cara tethering Galaxy Tab ke iPad setelah searching di Google. Saya tulis dan jadi artikel terpopuler.

Jika informasinya berguna untuk orang lain, tulislah. Anda sedang beramal.



Kalau Anda punya tips, ayo, tambahkan di boks komentar.


LIHAT JUGA:
Satu Alasan Mengapa Kita Harus Memahami Google




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...