Tips dari Tribun untuk Humas
(Disampaikan pada Pertemuan Forum Kehumasan Pemerintah Provinisi Sulsel dan Pemerintah Kabupaten/
1. Tips dari Tribun, bukan yg lain
2. Tentang Tribun (KKG, Bosowa)
3. Perubahan masyarakat:
* Menguatnya civil society
* Kebutuhan akan peran public services pemerintah
* Pers dan wartawan yang makin profesional (kata kunci kompetisi: profesionalisme)
4. Tribun Timur:
* Berita public services
* Iklan:
++ Jenis
- advertorial (foto, berita, foto dan berita)
- Iklan kolom
- Iklan display
++ Jangka waktu
- kontrak, insidentil
* Sirkulasi (beli koran dalam jumlah tertentu)
* Foto (hindari kesan formal)
* Beda iklan (display dan advertorial) dari berita:
Berita: Angle, judul, pemilihan ilustrasi berdasarkan prinsip-prinsip jurnalisme
Iklan: Semuanya ditentukan pemasang iklan (dengan mematuhi kaidah-kaidah hokum dan etis yang berlaku)
5. Rubrikasi yang bisa dimanfaatkan:
* Community
* Agenda
* Resume
* Public services
* Citizen reporter
* Buku tamu www.tribun-timur.com
6. Cara mengirim berita/foto:
* Email, bukan faksimili
* Koordinasi yang erat dgn sekred dan redaktur daerah
7. Menulis press release
* Pilihlah judul yang paling menarik
* Buatlah pointer hal-hal yang menarik
* Paragraf jangan panjang-panjang
* Pergunakan kalimat-kalimat sederhana
* Cantumkan nomor kontak (telepon/handphone) yang bisa dihubungi bila wartawan butuh pendalaman
8. Wartawan Tribun
* Selalu dilengkapi ID card (cek tanggal berlakunya)
* Nama wartawan Tribun di daerah terdapat dalam boks redaksi
* Penugasan ke daerah di luar home basenya selalu berkoordinasi dengan kantor pusat
* Penugasan lebih dari radius 90 kilometer dari home base berakhir DLK atau DLN
* Dilarang keras menerima pemberian apapun dari narasumber. Pelanggaran terhadap ketentuan ini bisa berakibat pemecetan
* Status kekaryawanan wartawan Tribun di daerah sama dengan rekan-rekan mereka di kantor pusat
* Prosedur penerimaan karyawan yang ketat: tes kemampuan dasar (tertulis), psiko tes, tes wawancara, KKWT tiga bulan, KKWT satu tahun, karyawan tetap. Sejak masa KKWT, karyawan menerima gaji. Karyawan tetap mendapatkan gaji dan fasilitas lain.
9. Peran PR:
* Pasif menunggu desain liputan wartawan
* Aktif membuat desain liputan untuk wartawan
* Humas proaktif menanggapi isu-isu aktual (bukan cuma bantahan soal korupsi, misalnya, tapi berita yang berkaitan dengan public services. CPNS, pembangunan ikon-ikon
10. Bagaimana menghubungi Tribun:
* email: tribuntimur@yahoo.com
* website: www.tribun-timur.com
* Telepon: 0411-8115555 (hunting)
* SMS Public Services: 081-625-2233
* Alamat: Jl Cenderawasih No 430,
11. Akhirnya, terima kasih atas kesempatan yang baik ini. Semoga bermanfaat.
Dahlan,
Wakil Pemimpin Redaksi II Tribun Timur
No comments:
Post a Comment