Thursday, August 21, 2008

Sudah 28 Peserta Reli Asia Pasifik di Makassar

Ask the Tribun Timur Editor
Makassar kembali menjadi tuan rumah untuk kegiatan berskala internasional. Kali ini tuan rumah reli mobil Asia-Pasifik. Tribun Timur menjadi media offisial event bergengsi ini.
Sumber: Tribun Timur, Makassar
Jumat, 22-08-2008 | 00:08:37
Sudah 28 Peserta Reli Asia Pasifik
Laporan: muhammad irham. la_toge_langi@yahoo.com.

Makassar, Tribun - Hingga Kamis petang sudah 28 pereli yang terdaftar akan mengikuti perlombaan reli Asia Pasifik yang digabung dengan putaran nasional di perkebunan tebu Takalar, Sulawesi Selatan, 22-24 Agustus 2008.

Pimpinan Lomba Jeffrey JP mengatakan di Makassar, Kamis, dari 28 pereli itu sebanyak 15 orang terdaftar sebagai peserta nasional sedangkan 13 peserta lain ikut dalam putaran APRC kendati tidak semua sebagai pereli "APRC registered".

"Peserta dari Australia sebanyak dua orang, dari India satu orang, Selandia Baru satu orang, Jepang satu orang, Jerman satu orang dan dari Indonesia tujuh peserta," kata Jeffrey, namun satu peserta dari Indonesia, Ijeck dari Medan, tidak jadi ampil.

Para peserta yang tercatat dalam "starting lists" APRC adalah Cody Crocker dan Scott Peddler dari Australia, Katsuhiro Taguchi dari Jepang, Gaurran Gill dari India, Brian Green dari Selandia Baru, Edith Weiss dari Jerman, Rifat Sungkar dari Indonesia (tercatat di APRC) serta Subhan Aksa, Akbar Hadianto, Ricardo Gelael, Sadikin Aksa.

Untuk kategori APRC, mobil yang turun terdiri atas sembilan unit Mitsubishi dan lima Subaru sedangkan untuk kategori nasional Mitsubishi lima mobil, Subaru (2), Suzuki (4), Hyundai (1), Jeep (2) dan Timor (1). Grup nasional terdiri atas lima mobil Grup N-4, Grup GR-2 (4), Grup N-15 (4) dan Jeep (2).

Urutan teratas pengumpulan angka hingga putaran keempat APRC ditempati Katsuhiro Taguchi dengan 43 poin disusul Cody Crocker (40), Dean Horridge (32), Hiroshi Yanashigawa (22), Brian Green (13), Scott Paddler (12) dan Rifat Sungkar (12).

Sedangkan urutan pengumpulan poin nasional secara berurutan ditempati Rizal Sungkar (36), Rifat Sungkar (28), Ricardo Gelael (23) dan urutan navigator hingga putaran kedua nasional adalah Anthony Sarwono (36), Sean Gelael (33), Arianto Syarief (16) , Mago Sarwono (13) dan Boy Antadinata (11).

Dalam "starting list" kategori nasional terdapat seorang peserta dari Inggris, David Maselen, yang akan turun didampingi navigator remaja, Sean Gelael (11) yang akan menggenjot Subaru Impreza WRX, sejenis yang dinaiki ayahnya Ricardo Gelael bersama navigator asal Selandia Baru, Tony Sircombe, juara PWRC 2006.

Seluruh peserta akan dilepas dalam seremonial start pada Jumat petang dan Sabtu menyelesaikan Leg 1 sebanyak sembilan SS sepanjang 136, 88km dilanjutkan dengan perlombaan Leg 2 Minggu menyelesaikan lima SS sepanjang 85, 22 km.

Kejuaraan reli ini sedang diamati secara serius oleh delegasi dari FIA, karena perlombaan itu mejadi cikal-bakal seri kejuaraan dunia (WRC) yang rencananya diadakan pada 2010. (*)




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...