Wednesday, September 3, 2008

Merpati Layani 75 Persen Penerbangan KTI

Ask the Tribun Timur Editor
Akhirnya, kantor pusat maskapai penerbangan nasional, Merpati, hijrah dari Jakarta ke Makassar.

Selasa, 02-09-2008
Merpati Layani 75 Persen Penerbangan KTI
Syahrul Resmikan Management Office Merpati di Makassar

Makassar, Tribun - Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo siap memberikana kemudahan layanan fasilitas dan membatu segala kebutuhan manajemen maskapai penerbangan Merpati yang menempati kantor pusat di Makassar mulai 1 September 2008.

"Kehadiran Merpati di Makassar, maka segala kendala transporsati udara khususnya dikawasan timur Indonesia dapat segera terpenuhi. Ini akan mendorong pergerakan ekonomi Sulsel lebih cepat dari sebelumnnya," kata Syahrul saat meresmikan kantor PT Merpati Nusantara Airlines di Makasar, Senin (1/9).
Pemindahan kantor Merpati dilakukan secara bertahap dan ditargetkan selesai akhir Oktober 2008. Keputusan memindahkan kantor pusat ini diputuskan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada rapat terbatas dengan sejumlah menteri 7 Agustus 2008.
Hadir dalam acara pembukaan kantor Merpati itu Sekteratis Meneg BUMN Said Didu, Ketua DPRD Sulsel M Rooem, dan Wali Kota Makassar Andi Herry Iskandar.

President Director Merpati Bambang Bhakti mengatakan, Merpati melayani lebih dari 75 persen penerbangan ke wilayah Indonesia tengah dan timur. Karena itu Merpati pindah kantor ke Makassar untuk mendekatkan diri dengan konsumen di kawasan timur Indonesia.
"Dengan 18 armada penerbangan yang beroperasi saat ini dan tiga pesawat yang sedang mengalami perbaikan saya yakin Merpati mampu bersaing dengan maskapai penerbangan lain di Indonesia meski saat ini kami memiliki utang sebesar Rp 2,2 triliun," katanya.
Namun dengan suntikan dana pinjaman dari pemerintah sebesar Rp 335 miliar dan aset Rp 1 triliun, katanya, Merpati dapat melewati masa-masa krisis keuangan akhir Oktober 2008 mendatang.

Citilink Kembali Mengudara
Setelah tidak mengoperasikan sejak Januari 2008, PT Garuda Indonesia akhirnya kembali menerbangkan unit usahanya Citilink. Citilink mulai terbang dengan konsep terbarunya.

Awal pengoperasiannya ditandai dengan peresmian yang dilakukan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal bersama Menneg BUMN Sofyan A Djalil dan Direut Garuda Emirsyah Satar di bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Senin (1/9).
Pada awal pengoperasiannya, tiap hari Citilink akan melayani 16 rute di tujuh kota tujuan. Hingga tahun 2008 ini, Citilink akan mengoperasikan lima pesawat Boing 737 dengan konfigurasi tempat duduk seluruhnya kelas ekonomi.
Rute yang dilayani Citilink adalah, Surabaya-Ampenan (GA- 090), Ampenan-Surabaya (GA-091), Surabaya-Batam (GA- 030), Batam-Surabaya (GA-031), Surabaya-Banjarmasin (GA- 050), Banjarmasin-Surabaya (GA-051).
Selain itu ada rute Surabaya-Jakarta (GA-010), Jakarta- Surabaya (GA-011), Surabaya-Kupang (GA-080), Kupang- Surabaya (GA-081), Surabaya-Jakarta (GA-016), Jakarta- Surabaya (GA-017), Surabaya-Balikpapan (GA-060), Balikpapan-Surabaya (GA-061), Surabaya-Ampenan (GA-092) dan Ampenan-Surabaya (GA-093).
Dirut Garuda, Emirsyah Satar mengatakan Citilink menjalani penataan sejak pertengahan Januari 2008 untuk menyiapkan Citilink menjadi maskapai penerbangan berbasis biaya rendah yang sebenarnya. Transformasi ini untuk menghadapi ketatnya persaingan bisnis penerbangan.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...