Thursday, April 1, 2010

Relationship Surat Kabar: Interaksi dan Nilai

Ask the Tribun Timur Editor
SETIDAKNYA ada dua cara surat kabar membangun hubungan (relationship) dengan pembacanya. Satu, interaksi. Dua, tidak berinteraksi langsung sama sekali, tapi berhubungan karena kesamaan nilai.


Tipe hubungan interaktif bisa melalui acara off print. Bisa juga melalui jejaring sosial (twitter, Facebook) atau dapat pula melalui SMS (dari pembaca ke penerbit atau sebaliknya, dari penerbit ke pembaca melalui SMS broadcast).

Tema utama program Tribun Timur tahun 2010 ini adalah interaktif: Lebih Interaktif, Lebih Akrab.

Berbagai bagian di newsroom Tribun Timur mengelola interaksi terutama melalui Facebook ataupun twitter.

SMS Public Services dan SMS komentar pencinta PSM Makassar maupun SMS interaktif lainnya untuk Tribun Health dan Cellular Style tetap berjalan.

Tipe interaksi dari penerbit (Tribun Timur) ke pembaca kami lakukan melalui fasilitas SMS broadcast. Ini memungkinkan koran Tribun Timur melakukan hubungan one to many.

Tipe relationship kedua melalui nilai. Sebagai koran, Tribun Timur mengusung idealisme, memperjuangkan nilai, dan membangun trust, serta menghormati masyarakat (respect to society, it's values and institutions).

Relationship pada tipe ini tidak bersifat fisik melainkan lebih pada aspek spritual maupun intelektual.

Pada konsep produk Tribun Timur, inilah yang kami namakan sebagai spritual benefit dan intelectual benefit.

Benefit adalah alasan pembaca mengonsumsi surat kabar. Benefit, dengan demikian, adalah salah satu pilar terbangunnya hubungan, relationship, antara Tribun Timur dengan pembacanya.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...