Saturday, November 24, 2012

Foto Mekah: Aziziyah



Kawasan Aziziyah, sekitar dua kilometer dari Masjidil Haram, Mekah.

Hotel dan apartemen di Aziziyah penuh dengan jamaah haji dari berbagai negara pada musim haji. Tahun ini kami bertemu jamaah haji dari Turki dan beberapa negara Afrika.

Jamaah ONH Plus terlebih dulu menginap di Aziziyah atau juga disebut sebagai "hotel transit" sambil menunggu wukuf di Padang Arafah, mabit di Muzdalifah, dan melontar jumrah di Mina.

Jarak Aziziyah dengan ketiga tempat itu memang tidak terlalu jauh.

Usai prosesi haji tersebut, kami menuju Madinah untuk salat Arbain di Masjid Nabawi, lalu balik lagi ke Mekah dan menginap di Hotel Hilton, persis di samping Masjidil Haram.


Ke Masjidil Haram tersedia beberapa pilihan. Bisa naik taksi (sekitar 80 Real PP atau sekitar 200 ribu). Supaya irit, berangkatlah berempat sehingga bisa patungan.

Sebagian travel memakai pola irit: nginap di Aziziyah, Arbain di Masjid Nabawi (minimal delapan hari), lalu pulang ke Tanah Air. Lumayan bisa menghemat sewa hotel (4-5 hari) di sekitar Masjidil Haram. Dengan cara ini pula, cukup 21 hari saja menjalankan seluruh proses ibadah haji.

Tips: Bila Anda hendak memakai jasa ONH Plus, pastikan Anda mengecek run down kegiatan hari demi hari dan hotel tempat menginap. Jangan lupa juga tanyakan bus apa yang akan dipakai sebagai sarana transportasi selama di Mekah dan Madina. Sewa hotel dan bus akan sangat mempengaruhi berapa harga yang wajar untuk biaya ONH Plus.

Ada teman jamaah yang bayarnya hampir sama dengan kami, sekitar 7.500 US, tapi tidak menginap di hotel bintang (minimal bintang empat) di Mekah.  Travel tentu panen keuntungan dengan cara memangkas biaya hotel sementara tarif ONH-nya tetap atau malah lebih mahal.

Laporan Haji dan Umroh

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...