Dahlan Dahi
Berapa nilai transaksi belanja online di Indonesia? Angkanya sangat fantastis. Menurut laporan Tribunjogja.com, nilai transaksi belanja online tahun 2012 mencapai Rp 126 triliun, meningkat dua kali lipa dibanding tahun 2011 yang hanya Rp 63 triliun.
Ada banyak faktor yang mendorong tumbuhnya nilai transaksi belanja online.
Pertama, device. Makin populer mobile device sehingga user bisa dengan gampang melakukan transaksi di mana saja, kapan saja.
Kedua, website. Situs atau website belanja online makin maju, bukan cuma ragam barang yang ditawarkan, tapi juga usaha pengelola website melindungi konsumen dari penipuan.
Ketiga, konsumen. Kepercayaan konsumen pada keamanan belanja online makin meningkat. Masih ada beberapa kasus penipuan, tapi banyak juga konsumen yang mulai merasakan manfaat praktis belanja online.
Keempat, harga. Harga barang yang ditawarkan portal belanja online terkadang lebih murah daripada di toko fisik.
Kelima, praktis. Tidak perlu macet-macetan di jalan, repot cari parkir, antre di kasir. Cukup pesan dan barang akan sampai di rumah.
Keenam, bank. Pihak bank ikut melindungi konsumen dengan menerapkan standar konfirmasi ke pemilik kartu kredit sebelum uang ditransfer ke rekening transaksi online.
Baca Juga:
Tips Belanja Online dari Berniaga.com
Portal Pemasangan Iklan Gratis TribunJualBeli.com
Nilai Transaksi Meningkat Jadi Rp 126 Triliun pada 2012
Key Facts Nilai Transaksi Iklan Online di Indonesia
Berapa nilai transaksi belanja online di Indonesia? Angkanya sangat fantastis. Menurut laporan Tribunjogja.com, nilai transaksi belanja online tahun 2012 mencapai Rp 126 triliun, meningkat dua kali lipa dibanding tahun 2011 yang hanya Rp 63 triliun.
Ada banyak faktor yang mendorong tumbuhnya nilai transaksi belanja online.
Pertama, device. Makin populer mobile device sehingga user bisa dengan gampang melakukan transaksi di mana saja, kapan saja.
Kedua, website. Situs atau website belanja online makin maju, bukan cuma ragam barang yang ditawarkan, tapi juga usaha pengelola website melindungi konsumen dari penipuan.
Ketiga, konsumen. Kepercayaan konsumen pada keamanan belanja online makin meningkat. Masih ada beberapa kasus penipuan, tapi banyak juga konsumen yang mulai merasakan manfaat praktis belanja online.
Keempat, harga. Harga barang yang ditawarkan portal belanja online terkadang lebih murah daripada di toko fisik.
Kelima, praktis. Tidak perlu macet-macetan di jalan, repot cari parkir, antre di kasir. Cukup pesan dan barang akan sampai di rumah.
Keenam, bank. Pihak bank ikut melindungi konsumen dengan menerapkan standar konfirmasi ke pemilik kartu kredit sebelum uang ditransfer ke rekening transaksi online.
Baca Juga:
Tips Belanja Online dari Berniaga.com
Portal Pemasangan Iklan Gratis TribunJualBeli.com
Nilai Transaksi Meningkat Jadi Rp 126 Triliun pada 2012
Key Facts Nilai Transaksi Iklan Online di Indonesia
Ayo, maju e-commerce Indonesia..
ReplyDelete