Bagaimana cara menghindari pembayaran biaya tahunan (annual fee) kartu kredit?
Itulah pertanyaan iseng ketika sales kartu kredit yang agresif sedang membujuk saya.
Sales itu menjawab dengan iseng --tapi kemudian terbukti ia memberi tips benar.
"Pura-pura saja mau berhenti, Pak," katanya tentang tips tersebut.
Kartu kredit umumnya bebas biaya tahunan pada 12 bulan pertama. Setelah itu baru kena.
Ketika periode 12 bulan itu tiba, pemberitahuan untuk membayar biaya tahunan datang.
Saya mencoba menerapkan tips si sales.
"Mbak, kartu kredit saya sudah kebanyakan, nih. Sepertinya saya akan berhenti (menutup kartu kredit) kalau dikenakan biaya tahunan," begitu kata saya ke call center.
"Oh ya, Pak", kata suara di call center. "Kartu kredit Bapak akan di-review oleh bagian lain. Nanti tunggu kabar ya Pak. Untuk sementara kartu Bapak diblokir."
Kartu kredit tidak bisa dipakai --untuk sementara.
Dua atau tiga hari kemudian, suara dari call center terdengar.
"Oke Pak, kartu kredit Bapak sudah aktif kembali."
Benar, saya tidak membayar biaya tahunan. Kartu kredit itu masih aktif sampai sekarang --dan, ehemmmm, si sales itu rupanya benar.
Ini rupanya prinsip yang berlaku: kartu kredit takut kehilangan seorang pelanggan.
Mengapa? Mungkin karena Anda tidak pernah menunggak tagihan.
Tips Lain:
Itulah pertanyaan iseng ketika sales kartu kredit yang agresif sedang membujuk saya.
Sales itu menjawab dengan iseng --tapi kemudian terbukti ia memberi tips benar.
"Pura-pura saja mau berhenti, Pak," katanya tentang tips tersebut.
Kartu kredit umumnya bebas biaya tahunan pada 12 bulan pertama. Setelah itu baru kena.
Ketika periode 12 bulan itu tiba, pemberitahuan untuk membayar biaya tahunan datang.
Saya mencoba menerapkan tips si sales.
"Mbak, kartu kredit saya sudah kebanyakan, nih. Sepertinya saya akan berhenti (menutup kartu kredit) kalau dikenakan biaya tahunan," begitu kata saya ke call center.
"Oh ya, Pak", kata suara di call center. "Kartu kredit Bapak akan di-review oleh bagian lain. Nanti tunggu kabar ya Pak. Untuk sementara kartu Bapak diblokir."
Kartu kredit tidak bisa dipakai --untuk sementara.
Dua atau tiga hari kemudian, suara dari call center terdengar.
"Oke Pak, kartu kredit Bapak sudah aktif kembali."
Benar, saya tidak membayar biaya tahunan. Kartu kredit itu masih aktif sampai sekarang --dan, ehemmmm, si sales itu rupanya benar.
Ini rupanya prinsip yang berlaku: kartu kredit takut kehilangan seorang pelanggan.
Mengapa? Mungkin karena Anda tidak pernah menunggak tagihan.
Tips Lain:
No comments:
Post a Comment