Thursday, January 24, 2013

Strategi Plastic Fruit: Seperti Pohon Bambu

Benda seperti pohon bambu menghiasi ruang tunggu gate empat Bandara Hasanuddin Makassar.

Dalam bisnis ada yang disebut plastic fruit. Seperti buah tapi bukan buah.

Strategi ini yang dipakai China. Mereka meniru apa saja, sejak dari perhiasan (aksesoris), motor, juga handphone.

Maka kita melihat handphone seperti iPhone, seperti BlackBerry. Ada juga seperti iPad, seperti Galaxy Tab.

Dulu pasar Indonesia sempat ramai dengan motor seperti Honda tapi bukan Honda.

Hiasan di Bandara Hasanuddin ini juga memakai strategi plastic fruit: seperti pohon bambu tapi bukan pohon bambu.

Strategi plastic fruit juga dipakai para politisi. Setelah Jokowi sukses di Jakarta dengan simbol baju kotak-kotak, bermunculan kemudian fenomena Jokowi tapi bukan Jokowi (lihat "Bule Kotak-kotak").

Anda seperti siapa?


Lihat Juga:
Strategi Plastic Fruit

Strategi Plastic Fruit: Seperti Pohon Bambu

Plastic Fruit: ePad seperti iPad Tapi Bukan iPad 


Dahlan Dahi
dahlandahi.com


TRIBUNnews.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...