Monday, August 5, 2013

Mengapa Anda Membagi (Share, Retweet) Informasi di Twitter dan Facebook?


MENGAPA suatu story atau content (berita, laporan, foto, video) di-share atau dikomentari lebih banyak di Facebook atau Twitter dari pada yang yang lainnya?

Saya rasa ini pertanyaan yang menarik. Saya coba cari jawabannya.

Saya mulai dengan istilah yang umum dipakai, social media marketing. Ini bagian dari marketing yang memanfaatkan social media sebagai tools dan strateginya.

Jawaban pertama dan kedua muncul dari artikel yang di-publish oleh Mashable. Saya tambahkan beberapa catatan lainnya:

1. Orang Selalu Ingin Terlihat Cerdas

Ya, benar. Pengguna social media mengidentifikasi dirinya dengan pesan yang disebarluaskan (share). Jika content itu memperkuat atau menegaskan kesan "cerdas" itu, maka content itu akan di-share.

2. Orang Selalu Ingin Terlihat Terdepan di Bidang Informasi

Ada fakta baru, ada peristiwa baru? Kalau Anda membaca fakta atau peristiwa baru di timeline Twitter atau Facebook, secara spontan Anda menyentuh tombol "share", "like", atau "Retweet".

3. Orang Mengidentifikasi dengan Kelompok

Komunitas suporter bola termasuk di sini. Informasi dari komunitas disebarkan. Ada perasaan bangga menjadi bagian dari komunitas.

4. Orang Selalu Ingin Menghibur 

Acara hiburan di TV selalu banyak penontonnya. Kalau Anda mendapatkan informasi yang sekiranya bisa membuat kawan tersenyum, wow, rasanya keren kalau segera dibagi.

So, Bro, apa yang membuat Anda tergerak untuk menekan tombol share atau retweet?




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...