Tuesday, July 1, 2008

Rumah Jackie Chan dan Patung Bruce Lee

Di Patung Jackie Chan di Hongkong.

Rumah Jackie Chan dan Patung Bruce Lee


Laporan

Wartawan Tribun Timur,

Dahlan,

dari

Hongkong



A SING bersorak. “Hei, coba lihat tuh rumah warna merah di atas bukit. Itu rumahnya Jackie Chan,” pemandu wisata itu mengumumkan kepada wisawatan Indonesia.

Rumah itu terletak di atas bukit, cukup tinggi. Jalan masuk ke sana tidak terlalu lebar dan menanjak cukup terjal.

Pemandangan pastilah indah dari rumah bintang film kungfu kesohor Hongkong sepeninggal Bruce Lee itu. Di depannya terbentang laut biru Teluk Rapulse (Rapulse Bay). Laut di depan berwarna biru jernih, teduh tanpa ombak, di kelilingi bukit yang membentuk huruf U.

Di bagian kanan, bersandar kapal-kapal pesiar berwarna putih dengan tiang-tiang yang tinggi menjulang. Pasir pantai berwarna putih kecoklatan.

Pulau Hongkong seolah tanpa tanah. Semuanya bebatuan. Maka tak heran, pantai berpasir merupakan pemandangan langka. Pantai biasanya berbatasan langsung dengan laut dalam.

Di dekat rumah Jackie Chan ada sebuah café yang cukup terkenal di Hongkong. Secangkir kopi harganya 162 dolar Hongkong atau sekitar Rp 202.500.

Di kawasan Rapulse Bay tersebut, ada rumah cukup mewah, yang terletak di bagian depan rumah Jackie Chan, dekat bibir pantai. Pemilik rumah itu Li Kaseng, salah satu orang terkaya Hongkong. Pengawalnya saja 16 orang.

Pada akhir pekan, warga Hongkong memenuhi pantai ini, berjemur, bermain bersama keluarga, dan berenang.

Rapulse Bay terletak di bagian belakang atau bagian selatan Pulau Hongkong (Hongkong Island) yang kecil. Dari depan atau utara kota Hongkong ke bagian belakang hanya ditempuh sekitar 30 menit. Itu pun dengan mendaki bukit yang cukup terjal.

Rakyat Hongkong sangat percaya pada fengsui dan nomor keberuntungan. Rumah Jackie memakai “nomor cantik”, nomor 99.

Jackie Chan memiliki rumah? Itu sungguh-sungguh istimewa. Jarang sekali ada rumah di Hongkong. Sebagian besar warga tinggal di apartemen. Hanya orang kaya raya saja yang bisa memiliki rumah.

Di dekat rumah Jackie, berderet sejumlah rumah beratap biru dengan dinding warna putih. Itulah rumah para artis Hongkong.

Jackie Chan terlahir dengan nama Chan Kong Sang yang artinya “lahir di Hongkong”. Usianya kini 54. Bakat yang luas biasa membuatnya dikenali sebagai aktor, koreografer film aksi, direktur film, produser, komedian, penulis naskah, dan penyanyi.

Bakatnya sebagai pemain film kungfu membuat namanya tidak saja dikenal di Asia, melainkan di seluruh dunia. Ia mulai berakting sejak tahun 1970-an, bermain di lebih 100 film.

***

Hongkong membuat Avenue of Stars, semacam Hollywood Walk of Fame. Bintang-bintang film ternama meninggalkan jejak dalam bentuk telapak tangan yang dicetak di semen.

Baik di Avenue of Stars maupun Hollywood Walk of Fame di Amerika Serikat, Jackie Chan diberi kehormatan untuk “memberikan” telapak tangannya.

Avenue of Stars Hongkong terletak di tepi laut di Harbour City di Kowloon. Pulau ini terletak di depan Hongkong. Pemandangannya sangat indah: menghadap ke laut biru, tempat kapal-kapal tongkang dan kapal barang raksasa lewat menuju pelabuhan Hongkong, dengan latar belakang pemandangan kota yang dihiasi gedung-gedung pencakar langit.

Gedung tertinggi Hongkong paling mencolok di antara bangunan pencakar langit lainnya. Bangunan 88 lantai ini memiliki tinggi hampir setengah kilometer, persisnya 426 meter. Sebanyak 142 bank terkemuka berkantor di sini.

Di Avenue of Stars, semua bintang membubuhkan telapak tangan, tapi tidak ada yang seistimewa Bruce Lee.

Pengelola membuat patung bintang kungfu yang sangat populer ini. Jackie Chan belum. Patung Bruce Lee yang berakting seolah menanti serangan lawan digemari wisatawan untuk berfoto.

Selain pantainya, Harbour City dikenal sebagai kawasan belanja barang-barang “branded”. Jangan kaget bila satu tas wanita bisa berharga setara dengan Rp 15 juta.

Yang luar biasa, toko yang menjual barang dengan harga selangit, yang jumlahnya sangat banyak, selalu dipenuhi pembeli.

“Orang-orang kaya Cina dan kota-kota lainnya di dunia selalu belanja di sini,” kata seorang warga Indonesia yang sudah lama menetap di Hongkong. Saudaranya masih ada yang bermukim di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Hongkong dikenal sebagai kota industri film kungfu. Tapi jangan kaget, kota ini tidak memiliki studio.

“Pengambilan gambar film-film Hongkong selalu di jalan-jalan, di luar gedung,” jelas A Sing.

Dalam waktu empat tahun ke depan, Hongkong akan memiliki studio besar di puncak bukit, tidak jauh dari rumah Jackie Chan. Nama kawasannya Ocean Park. Moga dari sana lahir bintang-bintang film besar Hongkong sekelas Jackie Chan dan Bruce Lee.(*)

8 comments:

  1. I like this blog. for real!


    berto xxx

    ReplyDelete
  2. I agree with you about these. Well someday Ill create a blog to compete you! lolz.

    ReplyDelete
  3. Thanks. Im Inspired again.

    ReplyDelete
  4. I'm thankful with your blog it is very useful to me.

    ReplyDelete
  5. This topic have a tendency to become boring but with your creativeness its great.

    ReplyDelete
  6. thanks for your comments. I just try what I can share. Be inspiring... that's wonderful.

    ReplyDelete
  7. Destinasi "wajib" setiap wisatawan ke Hongkong

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...