Saturday, January 10, 2009

Proses Migrasi tribun-timur.com yang Meletihkan

Ask the Tribun Timur Editor
Portal Tribun Timur, Makassar, tribun-timur.com, mulai menjalani proses migrasi ke server kompas.com (sekalian "meremajakan" template) sejak Jumat (8/1) pukul 03.00 dini hari.




Prosesnya ternyata begitu meletihkan, kendati kami sudah diwanti-wanti bahkan akan ada gangguan delapan sampai 24 jam.

Gangguan itu terasa benar. Di kantor Tribun, misalnya. Dengan komputer desktop, setiap kali mengakses tribun-timur.com, kami mendapatkan template lama.

Manakala menggunakan alamat FTP http://202.146.4.121, yang muncul adalah template yang baru.

Rekan di Banjarmasin mengonfirmasikan, template baru tribun-timur.com sudah bisa diakses sejak Jumat pagi. Tapi kami di Makassar tidak bisa, hanya menemukan template yang baru.

Kepanikan terasa di kantor redaksi sejak kemarin. Para pengelola portal bertanya kepada saya, bila ada berita terbaru, template mana yang diupdate, yang lama atau yang baru.

Masalahnya, bila mengakses via koneksi internet nirkabel di laptop ke alamat tribun-timur.com, maka yang muncul adalah template baru. Tapi bila menggunakan jaringan internet di kantor, kendati mengakses alamat yang sama (tribun-timur.com), maka yang muncul adalah template baru.

Kami akhirnya memutuskan untuk hanya mengupdate template yang baru. Ada risikonya: pembaca yang hanya bisa mengakses template lama akan melihat bahwa portal kami tidak pernah diupdate sejak kemarin. Tapi, pembaca yang bisa mengakses template baru akan segera melihat setiap kali updating.

Di template baru ini, wajah tribun-timur.com berubah total. Warnanya, karakternya, pembagian kolomnya, dan seterusnya.

Perubahan lain yang terasa adalah penambahan sejumlah menu untuk menyongsong era multimedia dan multiplatform: ada Tribun e-Paper, Tribun e-Radio, dan Tribun e-TV.

Kami juga mempersiapkan Tribun Forum sebagai ruang untuk berdiskusi, membangun jaringan, dan membagi informasi. Juga Tribun Images untuk foto-foto.

Kami mohon maaf bila Anda, pencinta tribun-timur.com, menemukan gangguan. Moga-moga proses migrasinya bisa berjalan lancar.


2 comments:

  1. Salam kenal yah.aku f4dLy salah satu pembaca tribun timur.aku mau tanya,apakah boleh aku mengambil artikel atau berita dari tribun timur untuk aku jadikan sebagai refrensi dalam blog-ku?
    f4dLyfri3nds.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Trims atas kepercayaannya kepada Tribun Timur dan tribun-timur.com. Bung Fadly, silakan ambil berita-berita Tribun Timur yang penting cantumkan sumbernya.

    Salam ya,

    Dahlan

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...