Garmen China menyerbu Indonesia, termasuk Jakarta. Pakaian anak-anak yang dipajang di kios pakaian anak-anak ITC Kuningan, Jakarta, ini salah satunya.
Pakaian China seperti barang buatan China lainnya: murah, bergaya. Dua jurus ini pas dengan selera pasar Indonesia.
Harga dulu mutu belakangan --begitulah resep masuk pasar Indonesia. Yang penting bergaya, yang penting mirip-mirip barang mahal.
Itu pula rumus handphone China menghantam Nokia dan BlackBerry, dua merek kenamaan dunia.
Dalam kasus handphone, China memakai jurus Nokia memukul Erickson. Dulu Erickson berjaya dengan mutu tapi harga sangat mahal dan old fashion. Nokia datang dengan harga murah penuh gaya.
Handphone China sekarang persis begitu: murah seperti pisang goreng tapi bergaya seperti BlackBerry. Lalu untuk apa beli Nokia dan BlackBerry yang mahal?
Hmm: Kalau ada yang murah (tapi bergaya) ngapain beli yang mahal.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
No comments:
Post a Comment