Tuesday, November 30, 2010

Barca Menang, Tinggi Hati Kalah

BARCELONA luar biasa. Menguasai hampir seluruh waktu pertandingan dan mencetak lima gol, Messi dkk menumbangkan raksasa Real Madrid 5-0 tanpa ampun.

Barca unggul 2-0 pada babak pertama dan menambah tiga gol di babak kedua.

Xavi, si pendiam, menciptakan gol pembuka di awal babak pertama, disusul Pedro. David Villa mencetak dua gol sebelum pemain pengganti, Jeffren, mencetak satu gol jelang pertandingan berakhir.

Barcelona, yang tampil dengan operan-operan pendek, mendominasi pertandingan. Ball possession 83 persen untuk Messi dkk.

Jarang sekali terlihat pemain-pemain Barca menendang bola dengan keras. Mereka seperti sedang bermain pada sesi latihan dengan pemain-pemain Madrid sebagai penonton.

Dengan penguasaan bola Xavi, Iniesta, Pedro, dan Messi yang nyaris sempurna, Barca mendikte permainan dalam tempo lambat, persis ketika Spanyol mengendalikan kecepatan Belanda di Piala Dunia Afsel.

Praktis, Madrid hanya mengendalikan 16 koma sekian persen pertandingan. Sisanya milik Barca.

Dengan kemenangan ini, Barcelona memimpin klasemen dengan menggusur Madrid. Barca meraih 34 poin, Madrid 32.

Kebobolan lima gol memalukan pada pertandingan El Classico. Bagi Madrid, ini kebobolan terbesar musim ini.

Pelatih Madrid, Mourinho, meninggalkan lapangan dengan muka yang kusut. Ia tidak terlihat seperti Mourinho yang tinggi hati.

Menjelang pertandingan berakhir, Messi --pemain yang rendah hati itu-- diganjal dengan keras, hal yang memancing pemain saling dorong.

Sergio Ramos mendorong Puyol dengan keras hingga terjatuh menjelang berakhirnya pertandingan. Ia diganjar kartu merah ketika timnya sudah kebobolan lima gol.

Di babak kedua, Ronaldo --si tinggi hati--memancing kemarahan pemain-pemain Barca ketika mendorong Pep Guardiola di tepi lapangan. Guardiola, yang pendiam, tidak beraksi apa-apa.

Kali ini, Messi membuktikan diri jauh lebih baik dari Ronaldo. Beberapa assist-nya membuahkan gol. Adapun Ronaldo tampil frustrasi hampir sepanjang pertandinngan.

Si rendah hati mengalahkan si tinggi hati.


Dahlan Dahi

dahlandahi.blogspot.com
tribun-timur.com
tribun-medan.com
tribunnews.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...