Thursday, February 9, 2012

Catatan HUT 8 Tribun Timur


Dahlan Dahi
Pemimpin Redaksi Tribun Timur

Catatan HUT 8

Tribun Timur: Anytime, Anywhere

ANDA masih butuh berita? Jawabnya ya, masih butuh, bahkan makin butuh. Internet hanya mengubah cara Anda, cara kita, mengonsumsi berita.

Itulah yang kami yakini di Tribun Timur, keyakinan yang makin mantap pada HUT kami yang ke-8 hari ini, 9 Februari 2012.

Tribun Timur edisi cetak makin asoy, tapi kami juga terus memastikan bahwa Anda, melalui koneksi internet, tetap menemukan Tribun di manapun Anda berada, kapanpun. Tribun. Anytime, anywhere.

***

TAHUN 2011, alhamdulillah, kami lalui dengan indah. Sejak periode April-Juni, untuk pertama kalinya dalam sejarah panjang surat kabar di Sulawesi Selatan, Tribun Timur menjadi koran dengan jumlah pembaca di Makassar menurut survei Nielsen, satu-satunya lembaga yang dipercaya untuk survei readership surat kabar.

Predikat sebagai koran dengan pembaca terbanyak di Makassar berlanjut ke periode survei berikutnya, Juli-September.
Dua kali periode survei atau enam bulan berturut-turut, Tribun menjadi koran dengan pembaca terbanyak di Makassar.

Bagaimana dengan periode survei tiga bulan terakhir di 2011? Kembali Tribun Timur pemenangnya. Itu artinya, Tribun Timur tetap koran terbanyak pembacanya sampai dengan survei terakhir yang diumumkan Nielsen.

Tahun 2011 semakin indah dengan penghargaan newspaper design dari IPMA untuk wilayah Sulawesi. Inilah pertama kalinya Tribun Timur menyerahkan beberapa desain halaman satu, dan alhamdulillah, langsung merebut penghargaan.

Dari sisi iklan, Tribun Timur tumbuh sangat pesat. Data Nielsen memperlihatkan, ads revenue (pendapatan iklan) Tribun Timur nomor delapan di Indonesia dalam daftar Top Newspaper with Highest Ads Revenue in 2010 vs 2011.

Di posisi itu, Tribun Timur masuk dalam daftar yang mengalahkan pendapatan iklan beberapa koran nasional atau menjadi koran dengan pendapatan iklan terbesar di Makassar. Harian Kompas nomor satu di daftar Nielsen ini.

***

BAGAIMANAPUN, pendapatan iklan edisi cetak masih merupakan tulang punggung bisnis Tribun Timur. Tapi itu sama sekali tidak menyurutkan langkah kami untuk meneruskan misi kami menyebarkan informasi.

Misi menyebarkan informasi melalui media online, buat saat ini, masih menghasilkan paradoks: pembacanya terus naik tapi kue iklannya begitu-begitu saja.

Kami mengetahui itu sejak awal tapi the show must go on. Tribun Timur harus terus bertransformasi dari sekadar newspaper menjadi news brand. Tribun Timur bukan hanya surat kabar. Tribun Timur adalah merek, merek yang berkarakter sebagai produsen dan distributor informasi terpercaya, netral, apa adanya.

Dengan visi itulah, Tribun memproduksi informasi dan mendistribusikannya melalui berbagai jenis media (surat kabar, epaper, online, dan terakhir dalam format digital paper).

Tribun bisa dijumpai di mana saja, di Kompas.com, di Tribunnews.com, di Yahoo News, di Facebook ataupun twitter, karena pendekatan multichannel dari sisi distribusi.

Kami pun mengembangkan aplikasi yang memungkinkan Tribun bisa dinikmati tidak hanya di PC atau laptop, melainkan juga di iPad dan Galaxy Tab serta smartphone.

Itulah tema ulang tahun Tribun Timur yang ke-8. Tribun Timur: Anytime, Anywhere.

Akhirnya, pembaca yang budiman. Kami sampai di level ini karena Anda. Terima kasih yang tak terhingga.


Notes: Artikel ini juga dimuat di Tribun Timur edisi tanggal 9 Februari 2012.
--




The Local Breaking News




* Nielsen: Tribun Timur Tetap Koran Nomor Satu di Makassar

* Tribun Timur Bukan Koran

* Tribun Timur, Multimedia, Multichannel, Multiplatform

* Dua Kali Survei Nielsen, Tribun Timur Tetap Nomor Satu di Makassar

* Nielsen: Tribun Timur Koran Nomor Satu di Makassar

* Tulisan tentang Tribun Timur Nomor Satu oleh Blogger di Kompasiana

* Blogger Kompasiana: Tribun Timur Sukses karena Inovatif

* Tribun Timur dan TRIBUNnews.com Network

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...