Wednesday, August 8, 2012

Kampanye Online Capres Amerika Serikat: Aplikasi untuk Handphone

Dahlan Dahi 



TRIBUNNEWS.COM - Rakyat Amerika Serikat menunggu siapa yang akan mendampingi calon Presiden Amerika Serikat, Mitt Romney, sebagai calon wakil presiden.

Para ahli strategi media kampanye online Mitt Romney menjawab tantangan itu dengan membuat aplikasi (apps) smartphone berbasis sistem operasi iOS (iPhone) dan Android (semua smartphone produk Samsung memakai sistem operasi ini).

Nama aplikasi itu adalah "Mitt's VP". Aplikasi dilengkapi sistem notifikasi seketika (push notification) sehingga begitu Romney mengumumkan siapa pendampingnya, pengguna aplikasi inilah yang akan lebih dulu tahu ketimbang pers.

         Lihat Juga: Aplikasi iOS dan Android

Begitulah memang dimaksudkan tampil keraguan bagaimana mungkin pers tidak lebih dulu tahu berhubung mereka mengikuti Romney setiap waktu.

Strategi aplikasi itu tidak berjalan sendiri. Romney juga memasang iklan "Promoted Tweets" untuk aplikasi tersebut di Twitter. Ini biasanya muncul di sisi kanan layar Twitter Anda.
Calon wapres Romney disebut-sebut Tim Pawlenty dan Rob Portman.

Begini bunyi promosinya:

It’s a question everyone’s asking: who will be Mitt Romney’s VP? There’s no telling when that answer might come. But when it does, be the first to find out and access exclusive content with the Mitt’s VP app."

Di App Store tempat "Mitt's VP" dipajang, TRIBUNnews.com melihat petunjuk bagaimana aplikasi itu bekerja.

Anda diminta sign in dengan menggunakan "MyMitt" atau akun Facebook. Izinkan push notification (alat inilah yang akan memberi tahu Anda siapa wapres pilihan Romney).
Tertarik? (*)

Berita Lain
Bagaimana Obama dan Romney Memakai Email
Pemilih AS Marah Iklan Politik Masuk Facebook
Palestina Berang Terhadap Romney
Obama Tetap Unggul Bagi Yahudi AS


 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...