Monday, December 31, 2012

Tahun 2013: Trend Internet dan Digital

Dahlan Dahi

Seperti apa trend internet dan digital tahun 2013?

Enam trend internet atau kecenderungan era digital di bawah ini, antara lain, dipengaruhi oleh kekuatan mesin pencari Google dan meningkatnya penetrasi mobile phone (atau biasa disebut mobile).

Pengaruh Google terlihat pada trend "content sebagai raja". Good content adalah good promotion. Jika Anda ingin website Anda didatangi visitor, perbaikilah content. Google terus memperbaiki rumus pencarian agar semakin "relevan" dengan apa yang Anda cari.

Mobile, pada pihak yang lain, semakin menjadi alat utama terkoneksi dengan internet. Ini, antara lain, karena karakternya yang bisa dibawa ke mana saja dan bisa mengakses internet dari mana saja.

Koneksi internet, social media, dan smartphone adalah ramuan pas yang memungkinkan setiap orang terkoneksi dengan data digital setiap saat, di mana saja.

Berikut trend digital itu:

 Sumber: TRIBUnews.com

TRIBUNNEWS.COM - Teknologi informasi terus berkembang dan semakin mempengaruhi cara kita bekerja dan cara hidup kita (how we work and live).

Bagamaina trend teknologi informasi atau internet di tahun 2013?

Untuk menjawab pertanyaan itu, TRIBUNnews.com melansir ulasan David Armano, Managing Director Edelman Digital, perusahaan digital yang berbasis di Chicago, Amerika Serikat (tulisan aslinya di sini).
Inilah enam trend di 2013:

The Content Economy

Content (isi) akan menjadi aset paling berharga perusahaan pada 2013. Terima kasih kepada Google yang terus memperbaiki algoritma agar user mendapatkan apa yang dia cari dengan cepat dan dengan persisi yang tinggi.
Anda memproduksi konten dan Google menyajikannya melalui search result.
"In 2013, content will not only be king, but queen, prince and jester, too," tulis Edelman.

Cyborg Central

Dulu kita mengenai personal computer untuk membedakan dengan company computer. Sekarang makna personal computer benar-benar berbeda. Sangat personal, terutama karena setting yang bersifat personal.
Handphone atau mobile phone benar-benar sangat personal karena dia mendeteksi di mana Anda berada. Ski Googles tidak hanya mendeteksi Anda di mana tapi seberapa cepat Anda bergerak.

The Smobile Web

Social + mobile = “smobile.”
Smobile bermakna, customer, coworker, dan kolega mengharapkan pengalaman digital dioptimalkan untuk mobile atau social sharing --sebagai dampak dari berkurangnya waktu bersama PC dan televisi.
Smobile juga adalah gejala di mana Anda memotret via mobile dan mendistribusikannya melalui perangkat mobile. Instagram dan Blog sudah siap.

Sensory Intelligence

Teknologinya sudah ada dan akan semakin berkembang. Simak: Manakala Anda memarkir mobil, sensor akan berbunyi manakala ada obyek di belakang. Cara kerja yang sama akan dipakai di rumah, bahkan pakaian atau tanaman.
Misalnya begini. Anda merencanakan tanaman mesti disiram. Pasang perangkatnya, lalu katakanlah "tweet" via twitter, dan air akan mengucur. Taman pun berterima kasih pada teknologi sensor.

Social Commerce

e-Commerce adalah istilah bisnis yang mengacu pada transaksi jual-beli melalui perantaraan internet. Aslinya bisnis: niatnya, perangkatnya, sistemnya.
Yang akan tumbuh di 2013 adalah social commerce, yakni jual-beli yang memanfaatkan berbagai perangkat social media yang gratis..

Data Surplus, Insight Deficit

Facebook memperkenalkan fitur baru. Namanya "Photo Sync". Ini alat yang bisa mensikronkan koleksi foto di mobile device ke Facebook.
Foto adalah salah satu unsur penting dari data. Biasanya, pelaku social media tidak terlalu peduli kepada data. Sekarang, di 2013, bagaimana kalau data di-monetize (dioptimasi sehingga bisa menjadi sumber pendapatan).(*)

Lihat Juga: Key Digital Trend  pada 2013

 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...