Wednesday, April 14, 2010

Dari Twitter ke Situs Berita

Suyanto Prasetyo memimpin Indosat regional Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara, dan Kalimantan. Kantor pusatnya di Makassar.
Kami bertemu di kantor Tribun Timur dan beliau menunjukkan cara mengonsumsi informasi: twitter.
Dari twitter ia memulai berselancar mencari berita. Di papan wallsnya ia berlangganan (follow) situs-situs berita terbarukan seperti kompas.com dan detik.com (nasional) dan tribun-timur.com (Makassar).
Setelah puas berselancar mengikuti links yang memikat hati, ia back ke twitter untuk melihat daftar berita terbaru lainnya.
Inilah sebetulnya yang dicita-citakan Yahoo!: mulai aktivitas Anda dari megaportal yahoo.com (mulai dari membuka email, membaca berita, dan search).
Faktanya bukan ke Yahoo! tapi ke twitter. Di BlackBerry Pak Suyanto ada shortcut twitter dan email Yahoo!
Shortcut ini juga ikut berperan mengubah mobile habit, karena itu juga habit mengonsumsi berita. Berita masuk ke twitter, email masuk ke Yahoo! (atau gmail).
Di twitter kita mengonsumsi berita secara pasif. Follow twitter situs berita, misalnya twitter.com/tribuntimur, dan berita akan menemui Anda di akun twitter Anda setiap 30 menit.
Soalnya berbeda dengan Google. Di mesin pencari ini kita aktif. Kita merumuskan apa yang kita cari, menulis kata kunci, dan mulai berselancar.
Apa yang terjadi sana? Kita tetap membutuhkan berita. Cara konsumsinya saja yang berubah.


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...